FASI ke-5 Kembali Digelar, Sekda Harapkan Partisipasi Pemkab Siak

Pendidikan, Siak165 views

SIAK, PUBLIKNEWS.COM – Festival Anak Sholeh Indonesia (FASI) ke-5 Kabupaten Siak kembali digelar. Acara itu dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman di Lapangan Siak Bermadah, Siak Sri Indrapura, Selasa (20/6/2023).

Dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman, Wakil Ketua 1 TP PKK Kabupaten Siak Ananda Liala Putri, Pimpinan OPD, Camat Siak dan Ketua Baznas Kabuapten Siak.

Kegiatan ini diikuti oleh 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Siak yaitu Kandis, Minas, Tualang , Sungai Mandau, Lubuk Dalam, Sungai Apit, Dayun, Kerinci Kanan, Koto Gasib, Pusako, Sabak Auh, Bungaraya, Siak, dan Mempura. Kegiatan dilaksanakan selama satu hari dengan diikuti 259 peserta.

Adapun perlombaan yang dilaksanakan mulai tingkat Tk A yaitu Tartil Quran, Azaan dan Iqamah, mewarnai gambar, dan ceramah Agama Islam. Untuk tingkat SD/TPA yaitu Tartil Quran, Azan dan Iqamah, menggambar, dan ceramah agama. Dan untuk tingkat MTS/SMP yaitu Tilawatil Qur’an, Tahfizh, Kisah Islami Kaligrafi, dan ceramah Agama Islam.

Sekretaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini yang kelima kalinya.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang keliama kalinya, dengan demikian kita memaklumi bersama bahwa anggaranya adalah anggaran yang bersifat non formal, dan tidak ada dianggarkan di kemenag ataupun Pemkab,” ucapnya.

Sekda juga menjelaskan terkait Pemerintah Daerah yang belum dapat membantu dalam terselanggaranya kegiatan ini.

“Kita maklum bahwa, para camat yang mengantarkan anak-anak ke sini jelas mengeluarkan anggaran. Dalam hal ini kami menjelaskan terlebih dahulu. Bukan berarti Pemda Siak tidak mau membantu, kita tetap membantu tetapi dengan sistem regulasi keuangan saat ini, kadang-kadang kita terlambat untuk menyesuaikan dengan aturan yang berlaku, yang sejak adanya covid menjadi awal adanya SIPB,” jelasnya.

Dengan Sudah terlaksana kegiatan ini selama 5 kali, Sekda mengharapkan nantinya dapat terakomodir oleh Pemda dengan sistem keuangan yang telah direncanakan.

“Sudah 5 kali kegiatan ini terlaksana meskipun dengan sistem keuangan pribadi, dan kedepannya kami juga ingin hal ini dapat terakomodir oleh pemerintah daerah melalui sistem keuangan yang kita rencanakan,” ujarnya

Selain kegiatan ini, Sekda juga mengatakan, akan dilakukannya sosialisasi untuk menyampaikan bagaimana kegiatan-kegiatan sejenis dapat terbantu sesuai sistem keuangan yang berlaku.

“Mungkin kedepannya akan ada sosialisasi untuk menyampaikan bagaimana caranya agar kegiatan-kegiatan sejenis ini bisa kita bantu dengan sistem keuangan yang berlaku, yang selama ini hanya dibantu oleh keuangan pribadi,” harapnya.

Sekda Arfan berharap nantinya kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik serta mendapat bantuan dari Pemkab walau tidak sepenuhnya.

“Diharapkan juga kedepannya kita bersama-sama bagaiman supaya kegiatan ini bisa terlaksana dan pemerintah daerah dapat memberikan bantuan walaupun tidak sepenuhnya, supaya jangan lagi kejadian seperti ini,” ujarnya

Penutupan kegiatan itu akan dilaksanakan malamnya usai seluruh perlombaan selesai.

 

Laporan: Sari
Editor: Koko Haryadi

[ays_poll id=1]

Lihat Berita dan Artikel Terbaru Publik News Lainnya di Google News


Redaksi Publik News menerima kiriman berita, rilis pers dan opini. Kirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500

Komentar