KPU Riau Targetkan Angka Partisipasi Diatas 77 Persen Pemilih

Berita, Politik1,381 views

PEKANBARU, (Publiknews.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau gencar memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 yang akan dilangsungkan 17 April nanti. Itu dilakukan, agar pelaksanaan pesta demokrasi ini, mencapai target sebesar 77 persen.

“Untuk target sendiri, tentunya KPU ingin mencapai target maksimal untuk partisipasi pemilih bisa capai tujuh puluh tujuh persen. Kami yakin itu tercapai,” ungkap Ketua KPU Riau Ilham Yasir, Selasa (9/4).

KPU Riau, lanjutnya, optimis angka tersebut dapat tercapai. Sebab, Pemilu di tahun 2014 silam, partisipasi pemilih di Riau sebesar 73 persen. “Angka ini masih di bawah nasional. Tapi kami optimis tahun ini bisa mencapai target,” ucapnya.

Ilham menyebutkan, di tahun ini ada dua agenda yang akan dilangsungkan secara bersamaan. Yaitu pemilihan Presiden sekaligus pemilihan legislatif. Diakuinya ‘magis’ dari Pilpres sangat tinggi, sehingga yang selama ini masyarakat yang tidak peduli dengan Pemilihan Legislatif bisa ikut karena adanya Pilpres.

“Kalau dulu itu cenderung minat memilih masyarakat di Kampung itu lebih tinggi daripada masyarakat yang ada di kota, karena bagi masyarakat di kampung Pemilu ini sangat penting. Kalau sekarang kedua-duanya sama. Apalagi ditambah adanya Pilpres, saat ini semua pembicaraan di masyarakat mengarah ke Pilpres,” kata dia.

Ditambah lagi, dengan adanya beberapa kegiatan sosialisasi yang dilakukan KPU selama di lapangan ditemukan masih minimnya pengetahuan pemilih pemula soal Caleg ataupun peserta pemilu. Akan tetapi antusias pemilih pemula untuk menggunakan hak pilihnya sangat tinggi.

“Kami gencar melakukan sosialisasi ke kalangan milenial juga. Kalau untuk cara mencoblos, saya rasa mereka paham semuanya apalagi untuk datang ke TPS pada 17 April semuanya tahu,” sebutnya.

Sosialisasi banyak disampaikan di media sosial. Ini menyasar ke seluruh masyarakat terutama kaum milenial. Cara ini tentunya sangat efektif bagi kaum muda.

Editor: Ge. Setiawan
Sumber: Jawapos.com

[ays_poll id=1]

Lihat Berita dan Artikel Terbaru Publik News Lainnya di Google News


Redaksi Publik News menerima kiriman berita, rilis pers dan opini. Kirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500

Komentar