oleh

Ternyata di Riau Masih Ada Ratusan Ribu Keluarga Belum Nikmati Listrik

PEKANBARU, PUBLIKNEWS.COM – Walaupun pembangunan di segala bidang telah nampak di Riau, ternyata hingga akhir 2019 masih ada 154.87 keluarga di daerah ini yang belum menikmati listrik.

Meski begitu, rasio elektrifikasi PLN dan PLN sudah mencapai 91,75 persen. Di tahun 2020, diharapkan terjadi pengurangan angka warga yang belum mendapat aliran listrik lewat optimalisasi listrik pedesaan dan pembangkit.
”Masih ada 154.887 keluarga yang belum teralirisi listrik PLN dan Non PLN Riau,” kata Kepala Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral Riau, Indra Agus, Sabtu (8/2/2020).

Dikatakan, hingga akhir 2019 jumlah yang sudah teraliri listrik sudah mencapai angka 1.722.817 KK. Adapun upaya yang telah dilakukan Dinas ESDM Provinsi Riau dalam rangka pencapaian kinerja peningkatan rasio elektrifikasi, yakni optimalisasi dan percepatan pembangunan listrik pedesaan. Lalu, optimalisasi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga EBT untuk daerah terpencil, dan koordinasi dengan PLN dan stakeholders.

Baca Juga :  Jabat Kasi Intel kejari Siak, Saldi Gantikan Beny Yarbert

”Salah satu faktor yang mendukung pencapaian sasaran strategis yaitu meningkatnya aksesibilitas energi listrik bagi rumah tangga di Riau lewat upaya sinergitas dan saling mengisi antara PT PLN (Persero) wilayah Riau dan Kepri sebagai salah satu BUMN pemegang izin usaha ketenagalistrikan dan pemerintah pusat (melalui APBN) serta pemerintah provinsi (melalui APBD) sebagai wakil negara dalam penguasaan penyediaan tenaga listrik sesuai pasal 3 ayat (1) UU 30 Tahun 2009 tentang Ketenagalistrikan,” jelasnya.

Akan tetapi menurutnya, masih terdapat beberapa kendala dalam mendukung pencapaian sasaran tersebut, di antaranya akses yang terbatas untuk mengalirkan listrik ke desa-desa terpencil dan daerah yang kondisi geografisnya sulit dijangkau.

Baca Juga :  Pasien Suspect Virus Corona Dirawat di Pekanbaru, RSUD Siapkan 4 Ruang Isolasi

”Terkendalanya pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan, disebabkan pembangunan jaringan listrik yang melintasi wilayah usaha lainnya baik pertambangan, perkebunan dan kehutanan (misalnya pembangunan jaringan listrik di kawasan hutan lindung),” pungkasnya.

Sumber : Goriau.com

Siapakah Yang Layak Jadi Bupati dan Wakil Bupati Kab. Siak 2020 - 2025?
  • *) Pilih Salah Satu



Redaksi Publik News menerima kiriman opini & jurnalisme warga. Panjang kiriman 500 – 600 kata dan dikirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500


LOWONGAN KERJA WARTAWAN PUBLIKNEWS

Baca Juga :  Dalam Kurun Waktu 3 Hari, Jumlah ODP di Siak Melonjak 229 Orang

Komentar