oleh

Riau Berencana Membuka Kembali 117 Tempat Wisata yang Sebelumnya Ditutup, Jika PSBB Tidak Diperpanjang

PEKANBARU, PUBLIKNEWS.COM – Pemerintah Provinsi Riau sedang menyiapkan rencana untuk membuka kembali ratusan tempat wisata yang terpaksa ditutup sementara akibat dari munculnya wabah COVID-19 di Provinsi Riau.

Gubernur Provinsi Riau Syamsuar di Pekanbaru, Kamis (28/5/2020) mengatakan rencana untuk membuka kembali tempat wisata di Riau yang sebelumnya ditutup selama Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB) di Riau. Rencana ini bisa dilakukan jika PSBB tidak diperpanjang.

Sebelumnya, enam daerah di Riau sudah melaksanakan PSBB untuk memutus rantai penularan COVID-19 selama 14 hari sampai 28 Mei 2020. Daerah tersebut adalah Kota Pekanbaru, Dumai, Siak, Kampar, Pelalawan dan Bengkalis.

Setelah PSBB di wilayah tersebut selesai dilaksanakan, pemerintah pusat telah menempatkan enam daerah tersebut menjadi percontohan New Normal di Provinsi Riau.

Baca Juga :  Kunjungi 4 Lokasi Agrowisata di Bungaraya, Syamsuar Bernyanyi dan Berfoto Selfie

Mengenai rencana mulai dibukanya tempat wisata di Provinsi Riau, Syamsuar meminta masing-masing kabupaten dan kota untuk menyebarluaskan informasi atau sosialisasi kepada masyarakat dan pengelola pariwisata, tentang pelaksanaan protokol kesehatan COVID-19 di tempat wisata.

Dengan demikian, pemerintah dapat menilai langsung dan melakukan pengecekan mengenai kesiapan penerapan protokol kesehatan untuk membuka kembali tempat wisata di Riau.

Menurut Syamsuar, semua protokol kesehatan dapat dilaksanakan dan dihormati, sektor pariwisata bisa berjalan dengan normal dan diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Sektor pariwisata sangat berkaitan dengan usaha kecil, usaha mikro dan usaha ekonomi kreatif tentunya berpengaruh pada sumber kehidupan dan roda ekonomi yang ditunggu-tunggu masyarakat saat ini,” kata Syamsuar yang dilansir dari Antara News.

Baca Juga :  Nama Sutarno Masuk Bursa Calon di Pilkada Siak 2020

Tempat Wisata di Riau Ini Tutup untuk Mencegah Penularan COVID-19

Berdasarkan data Dinas Pariwisata Provinsi Riau, ada 117 tempat wisata terpaksa ditutup untuk mencegah penyebaran COVID-19 sejak April lalu.

Sembilan tempat wisata di Kota Pekanbaru ditutup antara lain, Alam Mayang, Agrowisata Tenayan, Kampung Rabbit, Agrowisata Rumbai, Danau Buatan, Taman Impian Bunga Okura, Asia Farm, Bandar Khayangan, dan Rumah Singgah Tuan Kadi.

Kemudian, di Siak tempat wisata yang ditutup sebanyak 10 tempat diantaranya, Istana Siak, Rumah Datuk Pesisir, Tangsi Belanda, Balai Kerapatan Tinggi , Kafe Sepeda Gantung, Sakabura, Queen Water Park, Taman Harmoni Raya.


Siapakah Yang Layak Jadi Bupati dan Wakil Bupati Kab. Siak 2020 - 2025?
  • *) Pilih Salah Satu
Baca Juga :  Pasien Suspect Virus Corona Dirawat di Pekanbaru, RSUD Siapkan 4 Ruang Isolasi



Redaksi Publik News menerima kiriman opini & jurnalisme warga. Panjang kiriman 500 – 600 kata dan dikirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500


LOWONGAN KERJA WARTAWAN PUBLIKNEWS

Komentar