Sikap Pemerintah dan DPRD Siak Dinilai Ogah Tangani Soal Rekrutmen TK Lokal, KNPI Tualang Akan Gelar Aksi Demo

SIAK, (Publiknews.com) – Sebelumnya telah dilakukan dengar pendapat atau hearing bersama Komisi IV DPRD Siak dan Disnaker Siak dengan PT Truba Jaga Cita mengenai penempatan tenaga kerja lokal di daerah Kecamatan Tualang.

Hearing atau dengar pendapat tersebut memanggil pihak perusahaan, dengan menghadirkan langsung Organisasi Pemuda atau Pimpinan Kecamatan Komite Nasional Pemuda Indonesia (PK-KNPI) Tualang, Senin (1/7/2019) lalu.

Dimana notulen hasil hearing yang dilaksanakan di Gedung Panglima Ghimbam DPRD Kabupaten Siak, adapun kesepakatan yang dilakukan dari hasil heaering tersebut, di antaranya yakni, ‘Perlunya keterbukaan komunikasi dan informasi tentang rekrutmen yang di adakan oleh PT Truba Jaga Cita, untuk mengisi lowongan kerja bagi masyarakat tempatan (lokal)’.

Dengar pendapat atau hearing saat itu, juga dihadiri langsung oleh perwakilan dari perusahaan (PT TJC) Wilayah Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Siak Trisge.

Dengan demikian, dari hasil hearing tersebut hingga saat ini, PK-KNPI Tualang belum mendapatkan hasil keputusan atau keterbukaan terkait rekrutmen oleh PT Truba Jaga Cita. Terkesan PT TJC, justru tidak perduli dengan keberadaan tenaga kerja lokal, khususnya di Perawang Kecamatan Tualang Kabupaten Siak.

Meski sebelumnya telah dilakukan hearing bersama PT TJC, justru PT Truba tidak mengindahkan point-point penting didalam perekrutan tenaga kerja sesuai Perda Siak Nomor 11 Tahun 2001.

“Hingga telah dilaksanakanya hearing, namun PT Truba sepertinya tetap tidak transparan, dan tidak mengutamakan tenaga kerja lokal sesuai Perda Siak. Kita (KNPI) Tualang minta keseriusan dari pemerintah dan DPRD Siak (Komisi IV), mengenai penerimaan tenaga kerja lokal, serta penegakan Perda tersebut,” jelas Ketua PK-KNPI Tualang Ika Rahman kepada awak media ini, Rabu (14/8/2019) malam.

PK-KNPI Tualang menilai (menduga), kata Ika, hingga saat ini sepertinya Pemerintah Kabupaten Siak atau dinas terkait, tidak serius dalam hal menanggapi persoalan maupun mengatasi apa yang menjadi keluhan dari masyarakat, khususnya tenaga kerja lokal di Kecamatan Tualang.

“Sebab, hingga saat ini, kita menduga Pemerintah Kabupaten Siak tidak serius menangani maupun menanggapi persoalan maupun keluhan dari masyarakat, khususnya kawan-kawan pemuda mengenai perekrutan tenaga kerja oleh PT Truba Jaga Cita (TJC),” imbuh dia.

Sebab, perusahaan (PT TJC) saat ini masih tidak mengindahkan Perda Siak tersebut, dan tidak seriusnya pemerintah dalam hal menangani persoalan ini, lanjut Ika, maka, dengan demikian kami atas nama PK-KNPI Tualang akan segera menggelar aksi unjuk rasa di depan Kantor Camat Tualang.

“Insyaallah aksi kita lakukan minggu depan, Rabu (21/8/2019), aksi ini bentuk protes dan desakan kami yang menuntut pemerintah setempat agar secepatnya menanggapi dan memberikan solusi perihal keluhan dari kawan-kawan pemuda, terutama dalam penerimaan tenaga kerja lokal (daerah),” tutup Ketua PK-KNPI Tualang Ika Rahman kepada Publiknews.com, Rabu (14/8/2019) malam.(sg)

Editor: Ge. Setiawan

[ays_poll id=1]

Lihat Berita dan Artikel Terbaru Publik News Lainnya di Google News


Redaksi Publik News menerima kiriman berita, rilis pers dan opini. Kirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500

Komentar