oleh

Berikut 6 Ciri Sperma Sehat yang Wajib Kamu Ketahui

KESEHATAN, (Publiknews.com) – Dalam sebuah kehidupan rumah tangga, memiliki seorang anak adalah dambaan para pasangan suami istri. Sayangnya, ada pasangan yang sulit memiliki anak. Bisa jadi salah satu faktornya adalah sperma yang kurang sehat. Untuk itu, ada baiknya Anda mengetahu bagaimana ciri sperma yang sehat agar bisa mengantisipasi segala kemungkinan.

Baca Juga :  Deretan Artis yang Terjerat Kasus Prostitusi, Berikut Daftar dan Tarifnya

Mengetahui ciri-ciri sperma yang sehat.

Sperma yang sehat menandakan kesuburan seorang laki-laki. Tidak hanya itu, kualitas sperma juga berperan penting terhadap kesehatan kehamilan pasangan, serta kesehatan bayi.

Kualitas sperma sebetulnya dipengaruhi oleh faktor kesehatan internal dan gaya hidup. Bila Anda mengutamakan gaya hidup sehat, pastinya akan meminimalkan risiko penurunan kualitas sperma.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri dari sperma yang sehat.

1. Jumlah Sperma

Salah satu tanda sperma yang sehat bisa diketahui dari jumlahnya. Sperma yang sehat biasanya berjumlah di atas 15 juta setiap milimeter semen (air mani). Semakin banyak jumlahnya, semakin besar peluang sperma membuahi sel telur.

Jika sperma yang dihasilkan pria saat ejakulasi kurang dari angka minimum atau sedikit, kemungkinan terjadinya kehamilan pada pasangan juga cenderung rendah.

2. Pergerakan Sperma

Ciri sperma yang sehat bisa diketahui bagaimana pergerakannya. Normalnya, sperma mampu bergerak lincah dan berenang melalui serviks, uterus, dan tuba falopi untuk mencapai sel telur. Inilah yang dinamakan motilitas sperma.

Anda dikatakan memiliki sperma yang sehat dan subur apabila 40% dari sperma yang dikeluarkan mampu bergerak dan berenang secara lincah.

3. Struktur Sperma

Struktur sperma pada normalnya memiliki struktur kepala yang oval dan ekor yang panjang jika dilihat melalui mikroskop. Struktur sperma yang lengkap dan sempurna adalah tanda bahwa Anda memiliki sperma yang sehat.

Struktur sperma yang normal juga mendukung kelincahan dan kemampuan sperma berenang, sehingga sperma dapat membuahi sel telur.

4. Likuifaksi Sperma

Kemampuan semen berubah dari gel menjadi cairan juga menjadi ciri kualitas sperma yang sehat. Inilah yang dinamakan likuifaksi sperma.


Siapakah Yang Layak Jadi Bupati dan Wakil Bupati Kab. Siak 2020 - 2025?
  • *) Pilih Salah Satu



Redaksi Publik News menerima kiriman opini & jurnalisme warga. Panjang kiriman 500 – 600 kata dan dikirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500


LOWONGAN KERJA WARTAWAN PUBLIKNEWS

Komentar