oleh

Tatakelola Pemerintahan pada Masa Kekhalifahan Umar Bin Khattab

PUBLIKNEWS.COM – Umar Ibnu al-Khattab adalah sahabat rasul yang menjadi khalifah pasca wafatnya baginda Nabi Muhammad S.A.W. Umar Ibnu al-Khattab merupakan panglima perang yang terlibat langsung dalam peristiwa perang Badar, Uhud, Kaybar. Kepimimpinan Umar Ibnu al-Khattab membawa umat islam kearah kemajuan dari aspek agama, pendidikan, budaya, sosial-budaya dan politik.

Berbagai prestasi berhasil diraih pada saat puncak kepemimpinannya. Sosok pemimpin yang berani, pekerja keras, bijaksana dan memiliki sikap lemah lembut. Keberhasilan Umar ibn al-Khattab memimpin umat Islam pada saat itu membuktikan bahwa beliau merupakan pribadi yang handal dalam bidang ketatanegaraan.

Umar Ibnu al-Khattab merupakan khalifah kedua setelah Abu Bakar as Siddiq yang sukses dalam menjalankan amanat umat dalam menjalankan roda pemerintahan. Pada masa pemerintahannya yang berlangsung selama sepuluh tahun dan enam bulan, Umar ibn al-Khattab mewujudkan iklim politik yang bagus, keteguhan prinsip, kecermelangan perencanaan meletakkan berbagai sistem ekonomi dan manajemen yang penting, menggambarkan garis-garis penaklukan dengan banyak melakukan ekspansi sehingga wilayah Islam meliputi jazirah Arab, sebagian wilayah Romawi (Syiria, Palestina, dan Mesir), serta seluruh wilayah kerajaan Persia termasuk Irak dengan pengaturan yang sistematis atas daerah-daerah yang ditaklukkan, menegakkan keadilan di setiap daerah dan terhadap semua manusia melakukan koreksi terhadap pejabatserta memperluas permusyawaratan.

Baca Juga :  Kondisi Ekonomi Indonesia Dimasa Pandemi Covid-19

Atas keberhasilannya tersebut, orang-orang Barat menjuluki Umar sebagai The Saint Paul of Islam.
Umar ibn al-Khattab dicatat sejarah sebagai orang yang pertama kali mendirikan kamp-kamp militer yang permanen. Pos-pos militer di daerah perbatasan. al-Faruq juga orang yang pertama kali memerintahkan panglima perang untuk menyerahkan laporan secara terperinci mengenai keadaan prajurit, dengan membuat buku khusus untuk mencatat para prajurit dan mengatur secara tertib, mengikutsertakan dokter, penerjemah, dan penasihat yang khusus menyertai pasukan. Prestasi dalam bidang administrasi negara pada masa Umar ibn al Khattab bisa dilihat dari terbentuknya beberapa lembaga-lembaga pemerintahan dan beberapa upaya yang bertujuan meningkatkan kinerja pemerintahan.

Baca Juga :  Sejumlah Penerbangan di Aceh Terganggu, Akibat Kabut Asap dari Riau

Lembaga logistik.
Pemisahan Yudikatif dengan legislatif dan eksekutif dengan mendirikan lembaga-lembaga peradilan di daerah-daerah.
Pembentukan kepolisian dan pekerjaan umum untuk menjaga keamanan dan ketertiban umum
Pembentukan dua lembaga penasehat. Wilayah Negara dibagi menjadi 8 propinsi:

Makkah, Madinah, Syiria, Jazirah, basrah, Kufah, palestian, dan Mesir. Masing-masing propinsi dipimpin oleh Amir. Mewajibkan para pekerja dan pejabat untuk melaporkan harta benda. Tindakan ini adalah sebagai bentuk pengawasan Umar terhadap pegawainya.

Kepemimpinan Umar selama menjabat sebagai Khalifah telah dicatat dalam sejarah sebagai kepemimpinan yang sangat dibanggakan, baik di bidang politik teritorial, sosio-ekonomi maupun sosio-kultural. Menurut yang diriwayatkan oleh Ibnu Atsir bahwa Abdullah Ibnu Mas’ud berkata:

Baca Juga :  Ulama yang Berpengaruh Terhadap Pemilihan Pilpres 2019

“Islamnya Umar adalah kemenangan, hijrahnya adalah pertolongan dan kekhalifahan serta pemerintahannya adalah rahmat”. Pemerintahan Umar Ibnu al-Khattab berlangsung dari 634-644 H, waktu 10 tahun masa pemerintahannya dilalui dengan berbagai macam ekspansi dan penaklukan ke luar willayah Semenanjung Arab. Penguasaan Imperium Persia dan Imperium Romawi menjadi puncak dari keberhasilan Umar Ibnu al-Khattab dalam memimpin Bangsa Arab, yang terpisah jauh dengan pengaruh dari kedua imperium tersebut sejak Nabi Muhammad saw dideklarasikan sebagai khatam al-Anbiya. Luas wilayah yang ditaklukan oleh Umar Ibnu al-Khattab adalah 1.500.000 km2.



ucapan selamat hari raya idul fitri dari publiknews
Redaksi Publik News menerima kiriman berita, rilis pers dan opini. Kirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500


LOWONGAN KERJA WARTAWAN PUBLIKNEWS

Komentar