Situs Website Taliban Dilaporkan Hilang di Internet

Internasional1,585 views

PEKANBARU, PUBLIKNEWS.COM – Dilansir dari WartaBulukumba, Minggu (22/08/2021), situs web resmi milik Taliban, yang baru saja merebut kekuasaan di Afghanistan mendadak menghilang dari internet.

Sejauh ini belum diketahui secara pasti apakah situs web yang menghilang itu merupakan kesalahan teknis atau hal lainnya.

Selama ini Taliban mengoperasikan situs web dalam lima versi bahasa secara terpisah. Dilaporkan kelima situs web Taliban tersebut tidak dapat diakses sejak Jumat.

Dikutip dari WartaBulukumba, Minggu (22/08/2021), seorang juru bicara CloudFlare (NET.N), yang mencatat daftar online sebagai memberikan perlindungan untuk situs-situs Taliban, tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Peristiwa situs web Taliban yang menghilang di internet pertama kali dilaporkan oleh Washington Post, Situs itu mendadak berstatus offline sejak hari Jumat 20 Agustus 2021.

Sejauh ini belum diketahui pasti ihwal penyebab atau pihak yang bertanggung jawab atas raibnya situs web tersebut. Pun belum ada pernyataan resmi  pihak Taliban terkait status terbaru situs web mereka yang menghilang.

Situs web Taliban diketahui menggunakan sistem perlindungan dari CloudFlare, sebuah perusahaan di San Francisco yang membantu situs web mengirimkan konten dan bertahan dari serangan siber.

Pihak CloudFlare sendiri belum mengeluarkan pernyataan resmi apakah mereka masih melindungi situs Taliban tersebut atau tidak.

Situs Taliban memiliki lima versi dengan bahasa berbeda yakni versi Pashto, Dari, Arab, Urdu, dan bahasa Inggris.

Penulis : Haryono

[ays_poll id=1]

Lihat Berita dan Artikel Terbaru Publik News Lainnya di Google News


Redaksi Publik News menerima kiriman berita, rilis pers dan opini. Kirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500

Komentar