Pasca Darurat Kabut Asap, Menpar Sarankan Tour de Siak 2019 Dibatalkan atau Diundur

Wisata1,584 views

JOGJA, (Publiknews.com) – Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengungkapkan akan berupaya untuk menetapkan status bencana di destinasi wisata yang dilanda kebakaran hutan dan lahan. Dengan penetapan status bencana tersebut maka segala promosi pariwisata dari wilayah tersebut akan dihentikan.

Arief Yahya mengatakan, semua bencana termasuk kebakaran hutan dan lahan maka sudah menjadi kewajiban dari Kementerian Pariwisata untuk mengumumkan status bencana. Termasuk di Riau dan juga Kalimantan yang saat ini menjadi lokasi dari bencana kebakaran hutan dan lahan.

“Semua promosi terkait dengan yang terkena (karhutla) contoh Riau dan lain sebagainya itu segera kita turunkan,” tuturnya, saat Focus Group Discussion ‘Meraih 1 juta Wisman ke DSP Borobudur Melalui Pengembangan Aksesibilitas Bandara Yogyakarta International Airport (YIA)’ di Bandara Kulon Progo, Rabu (18/9).

Hanya saja, tambah Arief, sekarang pihaknya mengalami sedikit masalah terutama berkaitan dengan event Tour de Siak, lomba bersepeda tahunan di Kabupaten Siak, Riau. Karena sampai saat ini belum ada kepastian apakah event tahunan tersebut akan diteruskan atau tidak.

Menurutnya, perhelatan sport tourism tersebut harus segera diputuskan apakah akan dilanjutkan atau tidak. Namun jika kondisi di Riau tidak memungkinkan, maka dirinya mengingatkan stakeholder di Pekanbaru bahwa event Tour de Siak harus diundur atau dibatalkan.

“Nanti kalau memang tidak memungkinkan, Tour de Siak sebaiknya dibatalkan atau diundur dalam waktu yang akan diberitahukan,” tambahnya.

Editor: Ge. Setiawan

[ays_poll id=1]

Lihat Berita dan Artikel Terbaru Publik News Lainnya di Google News


Redaksi Publik News menerima kiriman berita, rilis pers dan opini. Kirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500

Komentar