Sosialisasi Transisi PAUD ke SD Yang Menyenangkan, Rasidah: Anak-anak Tumbuh Cerdas dan Bahagia

Pendidikan, Siak223 views

SIAK, PUBLIKNEWS.COM – Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Siak, Rasidah Alfedri menghadiri kegiatan Sosialiasi transisi Paud ke SD yang menyenangkan di Gedung Wanita, Siak Sri Indrapura, Selasa (27 /6/ 2023).

Turut hadir pada kegiatan tersebut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan beserta jajaran, Pokja Bunda PAUD Siak, Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Siak, Organisasi Mitra PAUD HIMPAUDI dan IGTKI Siak, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah dan Guru.

Pada kegiatan tersebut, Rasidah menyampaikan bahwa anak usia dini merupakan periode yang sangat penting (the golden age) untuk tumbuh kembang anak terutama menjadi pondasi awal di kehidupan yang akan datang. Anak pada periode ini harus diisi dengan pengetahuan, pengalaman maupun motoriknya dengan hal-hal yang menyenangkan dan membahagiakan.

“Harapannya, anak-anak kita nantinya dapat tumbuh cerdas dan bahagia, karena anak yang menerima stimulasi yang tepat akan mengalami fase perkembangan yang optimal,” ujarnya.

Rasidah menjelaskan, bahwa Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan ini bertujuan untuk memastikan, bahwa anak-anak usia dini yang tidak berkesempatan mengikuti PAUD, dapat memiliki hak yang sama untuk dibina dan mendapatkan kemampuan fondasi atau kemampuan dasar secara menyeluruh. Dengan demikian, anak memiliki keterampilan, kemampuan, dan kematangan yang holistik.

“Yang paling penting adalah, bagaimana anak-anak tersebut mampu mengendalikan emosinya, lebih mandiri, dan mampu untuk berinteraksi dengan orang lain,” jelas Rasidah.

Dirinya menyampaikan pesan dari Mendikbudristek Nadiem Makarim, bahwa Periode usia dini ini bukan hanya pada PAUD saja, akan tetapi sampai pada awal SD. Oleh karena itu, proses belajar mengajar itu harus disesuaikan untuk anak awal SD dengan anak-anak yang masih PAUD. Sehinga anak-anak itu mampu dan mudah untuk beradaptasi.

Diujung sambutannya ia mengajak seluruh peserta didik maupun kepala sekolah untuk menyukseskan gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.

“Mari kita sukseskan gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan ini. Semoga gerakan ini dapat terus berlanjut dan menciptakan suasana belajar yang positif dan membekas sebagai kenangan indah bagi anak-anak kita,” ajak Rasidah.

Dalam kesempatan itu, kegiatan dilanjutkan penandatanganan komitmen bersama oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Siak, Kementerian Agama Kabupaten Siak, Bunda Paud Kabupaten Siak, dalam mendukung implementasi program gerakan trasnsisi PAUD ke SD yang menyenangkan tahun 2023.

 

Laporan: Sari
Editor: Koko Haryadi

[ays_poll id=1]

Lihat Berita dan Artikel Terbaru Publik News Lainnya di Google News


Redaksi Publik News menerima kiriman berita, rilis pers dan opini. Kirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500

Komentar