Bantu Menko Polhukam Mahfud MD, 3 Pejabat Polri di Mutasi

Nasional2,722 views

JAKARTA, (Publiknews.com) – Polri kembali melakukan mutasi dan rotasi jabatan terhadap perwira tinggi dan menengah. Secara keseluruhan terdapat 351 pejabat yang dimutasi kali ini.

Mutasi jabatan tertuang dalam enam surat telegram Kapolri yang dikeluarkan Jenderal Pol Tito Karnavian sebelum mengakhiri tugas di Korps Bhayangkara. Tito telah ditunjuk Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai menteri dalam negeri.

Enam surat telegram itu masing-masing, yakni ST 2853/X/KEP/2019, ST 2854/X/KEP/2019, ST 2850/X/KEP/2019, ST 2852/X/KEP/2019, ST 2851/X/KEP/2019 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Polri.

Total ada 351 pejabat Polri yang dimutasi dan dipromosikan pada hari terakhir Tito menjabat kapolri. Sebanyak 33 di antaranya adalah pati, dan 328 lagi adalah pamen.

Di jajaran Pati, sejumlah jenderal bintang satu (brigjen) turut dimutasi dan dirotasi. Setidaknya tiga brigjen pol ditugaskan untuk membantu Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Mereka yakni Brigjen Pol M Elia Wasono Mustiko, Brigjen Pol Erwin Chahara Rusmana dan Brigjen Pol Asjima’in. Ketiganya merupakan Pamen di Baharkam Polri yang dimutasi sebagai Pati di Kemenko Polhukam.

Tiga perwira ini sebelumnya telah bertugas di Kemenko Polhukam. Namun saat dilantik beberapa waktu lalu masih berpangkat komisaris besar (kombes) pol.

Elia saat ini merupakan Sekretaris Deputi pada Deputi Bidang Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, Erwin Chahara sebagai Asdep Koordinasi Penanganan Konflik dan Keamanan Transportasi pada Deputi Bidkor Keamanan dan Ketertiban Masyarakat, sementara Asjima’in merupakan Sekretaris Deputi pada Deputi Bidkor Kesatuan Bangsa.

Penugasan tiga jenderal bintang satu ini tertera dalam surat telegram nomor ST 2853/X/KEP/2019 tertanggal 21 Oktober 2019.

”Diberitahukan kepada jenderal agar memerintahkan para Pati Polri tersebut segera menyesuaikan dan melaksanakan tugas,” bunyi surat telegram tersebut, dikutip Kamis (24/10/2019).

Untuk diketahui, Mahfud MD ditunjuk Presiden Jokowi sebagai menko polhukam menggantikan Wiranto. Mahfud menjadi sipil pertama yang menjabat sebagai menko polhukam.(inews)

Editor: Ge. Setiawan

[ays_poll id=1]

Lihat Berita dan Artikel Terbaru Publik News Lainnya di Google News


Redaksi Publik News menerima kiriman berita, rilis pers dan opini. Kirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500

Komentar