oleh

Antisipasi Banjir, Penghulu Benhul Siak Panggil Managemen PT Ekawana

SIAK, PUBLIKNEWS.COM – Pemerintah Kampung Benteng Hulu Kecamatan Mempura Kabupaten Siak, Riau menggelar musyawarah bersama pihak PT Ekawana Lestari Dharma dan tokoh masyarakat setempat, membahas sejumlah persoalan yang selama ini kerap terjadi di lingkungan Kampung Benteng Hulu (Benhul), salah satunya terkait masalah banjir yang diduga diakibatkan oleh luapan air dari kanal-kanal milik PT Ekawana Lestari Dharma.

Rapat yang digelar di Balai Kampung Benteng Hulu tersebut, selain dihadiri oleh penghulu Kampung Benhul Sadam S.Si, juga dihadiri oleh anggota Bhabinkamtibmas, perwakilan PT Ekawana Lestari Dharma, serta para tokoh pemuda dan tokoh masyarakat Kampung Benhul, Selasa (21/09/2021) pagi.

“Iya, hari ini kita menggelar musyawarah bersama pihak PT Ekawana Lestari Dharma. Topik utama yang kita bahas bersama pihak perusahaan adalah mencari solusi terkait masalah banjir yang menggenangi perkebunan masyarakat akibat luapan air dari kanal-kanal milik perusahaan,” papar penghulu Saddam.

Baca Juga :  Kebakaran Lahan Jadi Kado Awal Tahun 2020 Untuk Siak

Dijelaskannya juga, kondisi perkebunan masyarakat kampung Benteng Hulu sudah satu minggu lebih terendam banjir, padahal hujan turun hanya sekali saja di awal pekan kemarin.

“Sekarang masih bulan September, bagaimana jadinya akhir tahun nanti pas curah hujan lebih tinggi?, bisa habislah kebun masyarakat terendam banjir jika kita tidak segera mengambil langkah-langkah mulai saat ini,” lanjut Sadam.

Sadam juga mengatakan, mengenai kondisi di lapangan saat ini, Sadam mengaku pada beberapa hari yang lalu dirinya bersama team perusahan turun langsung menyusuri Sungai Jernih dari hulu sampai hilir.

Baca Juga :  PJ Penghulu Kampung Jatibaru Siak, Realisasikan Normalisasi Irigasi di Wilayah Rawan Banjir

“Saat kami menyusuri Sungai Jernih kemarin, kami melihat ternyata sungai sudah tidak normal lagi, mulai dari banyaknya sampah serasah, rumput, hingga pendangkalan hilir sungai jernih. Sehingga air mengalir tidak lancar yang menyebabkan banjir masuk ke kebun-kebun masyarakat,” imbuh Sadam.

Guna mencarikan solusi atas masalah tersebut, Pemerintah Kampung (Pemkam) Benteng Hulu memanggil pihak manajemen PT Ekawana. Adapun dalam rapat tersebut perwakilan masyarakat Kampung Benhul meminta kepada pihak perusahaan agar:

1. Dalam waktu dekat ini pihak perusahaan segera melakukan normalisasi hilir Sungai Jernih dari pendangkalan sedimen, serasah, dan rumput yang menebal sebelum tiba masa penghujan yang lebih besar lagi.

Baca Juga :  Petani Teluk Lanus Panen 2,5 Ton Padi Per Hektare

2. Memaksimalkan Sungai Sejuk untuk lintasan air dari kanal-kanal PT Ekawana, sehingga air tidak bertumpu pada Sungai Jernih saja.

3. Normalisasi akan dilaksanakan setiap tahun sekali antara bulan Mei-Juli.

Editor: Koko Haryadi



ucapan selamat idul adha dari publiknews

Redaksi Publik News menerima kiriman berita, rilis pers dan opini. Kirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500


LOWONGAN KERJA WARTAWAN PUBLIKNEWS

Komentar