oleh

Meski Perda Kampung Adat Belum Disahkan, Tapi Anggaran Tetap Sama dengan Kampung Lain

-Siak-1.125 views

SIAK, (Publiknews.com) – Peraturan Daerah (Perda) yang mengatur tentang keberadaan Kampung Adat di Kabupaten Siak, hingga saat ini belum disahkan oleh pemerintah Provinsi Riau. Namun, dalam pelaksanaan tata kelola pemerintahan Kampung Adat tersebut, masih tetap menggunakan anggaran dana Desa/Kampung yang bersumber dari APBD dan APBN.

Hal itu dikatakan Bupatis Siak Alfedri, terkait anggaran yang dipergunakan untuk operasional kampung tersebut sama halnya seperti Kampung yang lain.

“Kalau anggaran Kampung Adat sama dengan anggaran kampung lain, ada ADK dan APBN,” kata Alfedri saat melantik Pj Penghulu Kampung Adat Kampung Tengah, Kecamatan Mempura, kepada Publiknews.com, Senin (20/1/2020) siang.

Baca Juga :  Tiga Nama, Siap Duduki Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Siak

Alfedri juga memastikan, tahun ini Perda masalah Kampung Adat di Siak sudah bisa disahkan. Sehingga Penghulu Kampung Adat menjadi penghulu devinitif.

“Sejak 2015 sampai sekarang Perda Provinsi tentang Kampung Adat belum disahkan. Mudah-mudahan tahun ini sudah bisa disahkan oleh Pak Gubernur Syamsuar. Ini Pj yang ketiga kalinya dilantik di Kampung Adat Kampung Tengah, semoga setelah disahkan Perda tersebut kita bisa lantik Penghulu Kampung Adat devinitif,” lanjut Alfedri.

Untuk diketahui, peraturan daerah (Perda) yang mengatur tentang tata pelaksanaan Kampung Adat, sangat jelas sesuai Perda NO 2 Tahun 2015 dalam Pasal 2 ayat 1 dibunyikan, tujuan ditetapkannya kampung adat adalah untuk menghidupkan kembali peranan tokoh adat dalam penyelenggaraan pemerintah, pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat, hal ini diakibatkan oleh semakin kompleknya tata kehidupan dimasyarakat sebagai pengaruh urbanisasi penduduk dari daerah lain.

Baca Juga :  Demi Dapatkan Kuota Kemendikbud, Dalam 3 Hari Seluruh Sekolah Harus Kumpulkan Nomor Ponsel Pelajar

Berdasarkan data yang diperoleh Publiknews.com, untuk Kampung Adat Kampung Tengah Kecamatan Mempura, sudah sebanyak tiga kali dilakukan pelantikan Pj Penghulu Kampung Adat Kampung Tengah. Berikut tiga Pj yang pernah menjabat Penghulu di Kampung Adat Kampung Tengah, Syamsurya Bakar, Syaifullah dan Heri Eko Supriyanto.

Laporan: Koko


Siapakah Yang Layak Jadi Bupati dan Wakil Bupati Kab. Siak 2020 - 2025?
  • *) Pilih Salah Satu
Baca Juga :  Awal Tahun, Pemkab Siak Mutasi Ratusan Pejabat



Redaksi Publik News menerima kiriman opini & jurnalisme warga. Panjang kiriman 500 – 600 kata dan dikirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500


LOWONGAN KERJA WARTAWAN PUBLIKNEWS

Komentar