oleh

Turki dan Amerika Patroli Darat Bersama di Suriah

ANKARA, (Publiknews.com) – Turki dan Amerika Serikat (AS) memulai patroli darat bersama di zona aman, di Suriah utara, Minggu (8/9). Menurut Kementerian Pertahanan Turki, patroli ini diiringi pengerahan kendaraan udara tak berawak (UAV).

Baca Juga :  Mulai Kamis Besok, Pemerintah Izinkan Seluruh Moda Transportasi Beroperasi Lagi

“Angkatan Bersenjata Turki dan personel AS memulai patroli darat bersama pertama mereka dalam lingkup kegiatan fasilitas zona aman di utara Suriah dan timur Sungai Eufrat. Patroli ini dilengkapi partisipasi kendaraan darat dan UAV di sisi Suriah di selatan Suriah,” sebut pernyataan Kementerian Pertahanan Turki, seperti dikutip dari Xinhua.

Patroli gabungan itu adalah bagian dari kesepakatan yang dicapai pada 7 Agustus antara kedua sekutu NATO untuk mendirikan zona aman dan mengembangkan “koridor perdamaian” di Suriah utara yang akan mengatasi kekhawatiran keamanan Ankara tentang faksi Kurdi yang mengendalikan wilayah itu.

Kesepakatan itu membayangkan penarikan Unit Perlindungan Rakyat ke arah selatan zona aman. Zona aman juga akan memfasilitasi kembalinya pengungsi Suriah yang saat ini tinggal di Turki, ke negara asal mereka.

Baca Juga :  Heboh! Video Injak Anak Kucing sampai Mati, Polisi Buru Pelaku

Drone Turki telah mulai beroperasi di Suriah utara sebagai bagian dari perjanjian. Para pejabat militer dari kedua negara juga mendirikan pusat operasi bersama di Akcakale pada 29 Agustus silam.(sindonews)

 

Editor: Ge. Setiawan




Redaksi Publik News menerima kiriman opini & jurnalisme warga. Panjang kiriman 500 – 600 kata dan dikirim ke: [email protected] atau WhatsApp: 0852 7213 4500


LOWONGAN KERJA WARTAWAN PUBLIKNEWS

Komentar