oleh

Dianggap Lalai, Kakanwil Kemenkum HAM Sultra Didesak Mundur

KENDARI, PUBLIKNEWS.COM – Puluhan mahasiswa menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor wilayah (kanwil) Kementerian hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (22/02/2021).

Unras tersebut dilatarbelakangi dengan maraknya penyalahgunaan dan peredaran narkoba yang seringkali dikaitkan keterlibatan beberapa oknum narapidana di Lembaga Pemasyarakatan atau Lapas Kelas IIA Kendari.

Olehnya itu, pengunjukrasa menuntut kepala Lapas kelas II A Kendari, Abdul Samad dicopot dari jabatannya. Tentunya, tuntutan mereka atas sebab kepala Lapas yang dinilai lalai menjalankan fungsi pengawasan terhadap warga binaannya.

Baca Juga :  Hasil Operasi Antik, Polres Kepulauan Meranti Tangkap 18 Tersangka Narkoba

“Ini bukan barang baru dan telah terjadi sejak lama, kasus peredaran narkoba di Lapas Kelas IIA Kendari. Kami tuntut Kalapas dicopot dari jabatannya,” teriak Zainul saat menyampaikan orasinya.

Tak hanya itu, selain menuntut pencopotan kepala Lapas, pengunjukrasa juga menduga terdapat upaya sistematis dan keterlibatan oknum pegawai Lapas di dalamnya.

“Kami menduga dengan sangat kuat, bahwa sudah terbangun sistematis (peredaran narkoba di Lapas Kelas IIA Kendari),” kata Zainul.

Sementara itu, Kepala Lapas kelas IIA Kendari, Abdul Samad saat diwawancarai awak media beberapa waktu lalu mengatakan, pihaknya akan bersinergi bersama kepolisian untuk mengungkap peredaran narkoba.

Baca Juga :  Negosiasi Alot, Personel TNI AD Diterjunkan Bantu Polisi Bubarkan Massa Aksi Bawaslu

“Kami siap bersinergi, membantu kepolisian menangangi kasus peredaran narkoba yang diduga jaringan Lapas,” jawab Kepala Lapas

Laporan : Muh. Rifky
Editor: Koko Haryadi



ucapan selamat idul adha dari publiknews

Redaksi Publik News menerima kiriman berita, rilis pers dan opini. Kirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500


LOWONGAN KERJA WARTAWAN PUBLIKNEWS

Komentar