oleh

Amerika Serikat Tandatangani Penarikan Pasukan Militer dari Suriah

USA, (Publiknews.com) – Militer Amerika Serikat (AS) menyatakan surat perintah penarikan pasukan militer dari Suriah sudah ditandatangani. Perintah itu ditandatangani setelah Presiden AS Donald Trump dan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

“Perintah eksekusi untuk (meninggalkan) Suriah telah ditandatangani,” kata seorang juru bicara militer AS kepada AFP, Senin (24/12) saat ditanyai mengenai perintah penarikan.

Namun, juru bicara itu tak memberikan keterangan lebih lanjut pasca kesepakatan tersebut.

Pasukan AS akan meninggalkan Suriah di bawah arahan kepala Pentagon atau Menteri Pertahanan yang baru pada bulan depan.

Baca Juga :  Sempat Kritis, Korban Lakalantas di Bungaraya ini Akhirnya Meninggal Dunia

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Jim Mattis mengundurkan diri dari jabatannya dengan alasan memiliki perbedaan utama dengan Trump, termasuk soal Suriah.

Trump lalu menunjuk Wakil Sekretaris Kementerian Pertahanan AS Patrick Shanahan untuk menggantikan posisi Mattis mulai 1 Januari 2019. Juru bicara Kementerian Pertahanan AS Dana White menyatakan Mattis akan tetap membantu Shanahan selama proses transisi.

Presiden Trump memutuskan untuk menarik pasukan dari Suriah karena menyatakan ISIS sudah angkat kaki dari negara pimpinan Presiden Bashar al-Assad itu.

Trump mengambil keputusan itu saat sedang berbincang dengan Presiden Erdogan melalui telepon. Erdogan disebut memastikan kepada Trump bahwa Turki sudah memberantas ISIS dalam operasi militer mereka di utara Suriah antara 2016 dan 2017.

Baca Juga :  Total Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Terbaru

Keputusan ini pun diumumkan tak lama setelah Erdogan mengancam bakal meluncurkan operasi menggempur milisi Kurdi yang dilatih AS untuk memberantas ISIS di Suriah.

Langkah Trump menarik pasukan dari Suriah itu mendapatkan kecaman baik di dalam maupun luar negeri, termasuk para negara sekutu AS yang tergabung dalam koalisi di Suriah. Turki merupakan salah satu dari sedikit negara sekutu yang memuji langkah Trump.

Sumber: CNNIndonesia.com
Editor: Ge. Setiawan


Siapakah Yang Layak Jadi Bupati dan Wakil Bupati Kab. Siak 2020 - 2025?
  • *) Pilih Salah Satu
Baca Juga :  Tiga Hari Terjerat Kawat, Harimau Sumatera ini Berhasil Diselamatkan



Redaksi Publik News menerima kiriman opini & jurnalisme warga. Panjang kiriman 500 – 600 kata dan dikirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500


LOWONGAN KERJA WARTAWAN PUBLIKNEWS

Komentar