oleh

Peduli Madrasah, Dosen UIN Suska Bantu Modal Usaha Dua MTs di Siak Kecil Bengkalis

BENGKALIS, (Publiknews.com) – Seorang Dosen Paska Sarjana UIN Suska Riau yang juga bos Penerbit dan Toko Buku Zanafa Pekanbaru, DR Hartono, MPd menunjukkan kepeduliannya terhadap dunia pendidikan di kampung tumpah darahnya, Siak Kecil Kabupaten Bengkalis Riau. Setelah sukses dalam usahanya membangun dan membesarkan Zanafa, ia menggelontorkan dana untuk membantu para guru dua MTs di Siak Kecil membuka usaha mandiri.

Dalam kegiatan inspeksinya, Sabtu (30/11/19) di TB Mart Tanjung Belit dan Rathu Mart Sepotong, ia datang bersama istrinya DR. Syalmaini Yeli yang juga dosen di UIN Suska Riau, guna memastikan dana bantuan yang pernah digelontorkan dapat dikembangkan dalam memberi manfaat bagi peningkatan kesejahteraan guru di dua madrasah.

“Kita memang memantau cukup lama, terkait kondisi kesejahteraan guru madrasah ini. Untuk itu muncul ide berangkat dari usulan yang ada, membuka usaha bagi para guru ini. Dan tentunya tanpa mengganggu aktifitas pendidikan yang telah berjalan,” terang Hartono yang lahir di Sepotong, dan dibesarkan di desa Tanjung Belit hingga kini menjadi Dosen di UIN Suska Riau tersebut.

Baca Juga :  KPU Bengkalis Targetkan Malam Ini Distribusi Logistik Pemilu di Seluruh Wilayah Tuntas

Mendapat sokongan dana segar dari Donatur tersebut, Kepala MTs Tarbiyatul Banin Tanjung Belit, Dwi Yeni SPd langsung membentuk tim usaha, dan merancang usaha dengan membuka warung kedai harian yang menjual berbagai macam kebutuhan harian masyarakat sekitar MTs berada. Bahkan memastikan usaha yang didirikan berbaur ke masyarakat, maka disewa ruko untuk memulai usaha tersebut tepat di Simpang Empat desa Tanjung Belit sebagai pusat perdagangan.

“Saat kita mendapat tawaran modal usaha, tentunya sangat senang. Maka kita langsung lakukan persiapan usaha, dan saat ini sudah berjalan tiga bulan, sejak dibuka 28 Agustus 2019 lalu. Alhamdulillah usaha sudah berjalan, namun masih butuh banyak pembenahan,” ungkap Dwi Yeni.

Baca Juga :  Ditahan KPK, Bupati Bengkalis Bilang Begini

Setelah berjalan, usaha dalam bentuk Tarbiyatul Banin Mart tersebut, telah menghasilkan sejumlah keuntungan. Bahkan sudah pula membantu menambah pendapatan bagi para guru, khususnya saat ini yang terlibat langsung.

“Kedepan tentunya usaha ini kita kelola lebih profesional, sehingga menghasilkan keuntungan yang bisa dinikmati seluruh guru bahkan dengan tujuan membantu pengembangan MTs,” ujar Dwi Yeni.


Siapakah Yang Layak Jadi Bupati dan Wakil Bupati Kab. Siak 2020 - 2025?
  • *) Pilih Salah Satu
Baca Juga :  4 Orang Perambah Hutan Cagar Biosfer Giam Siak Kecil Berhasil Ditangkap, 1 Diantaranya Mantan TNI



Redaksi Publik News menerima kiriman opini & jurnalisme warga. Panjang kiriman 500 – 600 kata dan dikirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500


LOWONGAN KERJA WARTAWAN PUBLIKNEWS

Komentar