oleh

Gelar Halal Bihalal, Ketum Ipemalis Jakarta: Mahasiswa Harus Berpikir Kritis dan Berliterasi Mumpuni

BENGKALIS, PUBLIKNEWS.COM – Ipemalis Jakarta mengadakan Halal Bihalal yang bertema Revitalisasi Gerakan Mahasiswa membangun sinergi menuju Bengkalis bermarwah maju dan sejahtera. Kegiatan itu digelar Ahad (15/5/22) di gedung Daerah Jl Sudirman kabupaten Bengkalis, Riau.

“Halal Bihalal ini diadakan dalam rangka membangun silaturahmi dan memperkenalkan kembali mahasiswa Jakarta dengan pemerintah daerah, seluruh instansi dan organisasi mahasiswa serta seluruh OSIS yang ada di Bengkalis,” terang Muhammad Hasyim Asy’ari, Ketua Umum Ipemalis Jakarta.

Bupati Bengkalis Hj. Kasmarni, mewakilkan kehadirannya dengan Kadis Pendidikan Kabupaten Bengkalis Hj. Kholijah, S.Pdi yang membuka acara Halal Bihalal dan diskusi kemahasiswaan tentang daerah tersebut.

Dalam Diskusi yang menghadirkan narasumber Ir. Muhammad Mardhiansyah S. Hut., M.Sc., IPU yang merupakan akademisi Universitas Riau dan Rinto SE., M.Si Kepala Bappeda Kab. Bengkalis yang tentunya merupakan putra daerah Kabupaten Bengkalis.

Baca Juga :  Pemkab Siak Salurkan 2500 Beasiswa untuk Mahasiswa Berprestasi, Berikut Jenjangnya

“Gerakan mahasiswa tidak mungkin berhasil sebelum ia meningkatkan kapasitas dirinya. Hendaknya selain memberikan rekomendasi yang dapat ditindak lanjuti pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam menjalankan roda pembangunan dan pemerintahan kedepannya,” ujar Mardhiansyah.

“Mahasiswa adalah kekuatan potensial daerah, pemerintah harus bergerak sebagai fasilitator pergerakan ekonomi, bahkan dibalik itu semua, pemerintah harus melihat mahasiswa yang harus digandeng agar terwujudnya Visi Misi Pemerintah Kabupaten Bengkalis yang ingin dicapai. Mahasiswa bukan hanya sekedar agen perubahan, melainkan juga sebagai aktor penggerakan ekonomi kreatif, karena mahasiswa adalah kekuatan sosial yang mampu membuat kekuatan potensial daerah,” urainya.

Besar harapan, Ipemalis Jakarta yang berada di titik pusat kota pergerakan dan administrasi Negara mempu memainkan peran dan keikutsertaan membangun daerah, meski berada di luar daerah saat ini.

Baca Juga :  Peluang Emas Bagi Siswa Berprestasi, Rangking 1 sampai 3 Masuk Tanpa Tes di STAI Ar-Ridho Bagansiapiapi Rohil

Rinto sebagai Kepala Bappeda yang juga mantan aktifis mahasiswa, mengajak mahasiswa agar lebih kritis berpikir dan memperbanyak forum literasi dan diskusi serta memahami etika berorganisasi dan menghindari aksi demi kepentingan pribadi.

“Keberadaan organisasi mahasiswa ini, akan bermanfaat jika benar-benar menjalankan peran sebagaimana mestinya. Sikap kritis mahasiswa dan kepedulian kepada daerah tentu meski tertuang dalam pola pikir, ide-ide dan terimlplementasi aksi nyata sebagai mahasiswa berprestasi dan membanggakan,” ujarnya.

Setelah ada beberapa penjelasan narasumber dari pertanyaan mahasiswa dan siswa yang masih kurang jelas dan faham, Wakil Ketua Umum Ipemalis Jakarta yaitu Ahmad Alifuddin merangkum beberapa rekomendasi dari diskusi tersebut.

Diantaranya, terkait harapan Ipemalis Jakarta bisa bertemu dengan Bupati Kabupaten Bengkalis yaitu Ibu Kasmarni S.Sos., MMP, yang sejauh ini belum bisa bertemu langsung.

Baca Juga :  Menteri Ini Ungkap Modus Korupsi Dana BOS oleh Pemda dan Kepsek

“Kami harap ke depannya tidak hanya bupati, tapi seluruh dinas yang ada agar bisa membuka ruang informasi kepada mahasiswa-mahasiswa. Akses ini penting bagi mahasiswa dalam memanfaatkan peluang yang ada nantinya dalam partisipasi membangun daerah,” urai Wakil Ketua Umum Ipemalis Jakarta Ahmad Alifuddin.

Ipemalis Jakarta siap menjadi pusat Informasi bagi pemerintah daerah karena keadaan yang strategis di Ibu Kota Indonesia.

“Kita juga berharap, mahasiswa daerah agar bisa saling menjalin komunikasi yang baik bersama kami Ipemalis Jakarta terkait informasi yang ada dipusat baik itu perkembangan, kemajuan, bahkan isu-isu yang sekiranya perlu dikaji bersama,” lanjutnya.



Redaksi Publik News menerima kiriman berita, rilis pers dan opini. Kirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500

Komentar

Berita Terkini