oleh

Seluruh Kampung di Kabupaten Siak Sudah Teraliri Listrik, Diharapkan Dapat Dorong Pertumbuhan Ekonomi

-Siak-1.342 views

SIAK (Publiknews.com) – Pemerintah terus mengejar pemerataan pembangunan di seluruh desa di kabupaten Siak, salah satunya dengan peningkatan rasio elektrifikasi ke seluruh kampung (desa). Sampai dengan Desember 2018 Rasio Elektrifikasi (RE) di Kabupaten Siak mencapai 98,98 persen.

Hal itu disampaikan Bupati Siak H Syamsuar sebelum meresmikan 100 % Listrik Desa di Kabupaten Siak, Kamis (31/1/2019) di Kampung Muara Kelantan Kecamatan Sungai Mandau.

“Dari 131 Kampung yang ada, saat ini telah teraliri listrik PLN sebanyak 127 Kelurahan/ Kampung dan 4 (empat) kampung sisanya akan kami resmikan hari ini,” ungkap Syamsuar dihadapan masyarakat Muara Kelantan.

Pelayanan infrastruktur dasar, lanjut Syamsuar merupakan program utamanya bersama Wakil Bupati Siak Alfedri pada periode sebelumnya. Infrastruktur dasar ini seperti pembangunan jalan, sarana air bersih, kesehatan, pendidikan dan pemerataan listrik di setiap kampung.

Baca Juga :  Dalam Sebulan, Blanko KTP Elektronik Disdukcapil Siak Tinggal 5 Ribu

“Alhamdulillah semuanya terlaksana dengan baik, berkat kerja keras dan kerjasama dengan pihak PLN dan Provinsi, kerja cepat PLN ini perlu kita apresiasi,” kata Syamsuar lagi.

Ia menambahkan, untuk memenuhi kebutuhan listrik bagi masyarakat telah membangun jaringan listrik Jaringan Tegangan Menengah (JTM) sepanjang 315,48 Kms dan Pembangunan Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 506,59 Kms, Trafo 88 unit, pengadaan genset, serta bantuan PLTS dan SHS sebanyak 1.565 unit, serta memasang ratusan PJUTS dibeberapa kampung dan kelurahan, yang bersumber dana dari APBN.

Selain dana APBD/APBN, kata dia, Pemerintah Kabupaten Siak berkerjasama dengan Perusahaan Lokal melalui program Corporate Sosial Responsibility (CSR) PT. BSP dalam hal membantu Rumah Tangga Miskin dengan membantu unit perangkat Listrik Mandiri Rakyat. Serta melalui Badan Amil Zakat Kabupaten Siak meluncurkan Program Siak Peduli, yaitu program berkelanjutan pemasangan listrik gratis untuk kaum dhu’afa di Kabupaten Siak.

Baca Juga :  Darurat Corona, Jalan Sehat dan Donor Darah PWI Siak Ditunda

General Manajer PLN Riau dan Kepulauan Riau M Irwansyah Putra mengatakan, dengan pengoperasian infrastruktur listrik desa tersebut dapat mendorong laju pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Dirinya mengajak seluruh masyarakat agar memanfaatkan energi listrik secara optimal sehingga bisa meringankan pekerjaan rumah tangga.


Siapakah Yang Layak Jadi Bupati dan Wakil Bupati Kab. Siak 2020 - 2025?
  • *) Pilih Salah Satu
Baca Juga :  Serap Rp 18 Miliar Biaya Perawatan, Kondisi Jalan Berlubang Masih Banyak di Siak



Redaksi Publik News menerima kiriman opini & jurnalisme warga. Panjang kiriman 500 – 600 kata dan dikirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500


LOWONGAN KERJA WARTAWAN PUBLIKNEWS

Komentar