oleh

Dibuka Bupati Ditutup Camat, Kampung Jayapura Raih Juara Umum MTQ XII Tingkat Kecamatan Bungaraya

SIAK, PUBLIKNEWS.COM – Perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XII tingkat Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak, Riau yang dibuka Bupati Siak Senin (23/05/2022) malam kemarin, kini telah usai. Kegiatan rutin tahunan itu sempat tertunda selama dua tahun akibat pandemi. Sehingga dengan dibukanya kembali acara tersebut, membuat keriduan masyarakat tentang syiar Islam melalui MTQ bisa terobati.

MTQ identik dengan pawai dan Stand Bazar, dari sepuluh kampung yang ada, mereka menampilkan sesuai kemampuan mereka masing-masing. Mulai dari produk unggulan hingga tatarias.

Kemeriahan itu tampak dari mulai dibuka sampai ditutupnya acara itu, masyarakat memadati lapangan sepak bola Kampung Tuah Indrapura untuk menyaksikan secara langsung jalannya berbagai perlombaan. Kebetulan kampung tersebut menjadi tuan rumah pada MTQ XII tahun ini. Jumlah peserta MTQ sebanyak sepuluh kampung sesuai dengan jumlah kampung yang ada di kecamatan lumbung padi itu.

“Kegiatan ini sempat terhenti selama dua tahun akibat pandemi, mungkin masyarakat rindu dengan kegiatan yang seperti ini. Makanya sejak dibuka oleh pak bupati senin malam kemarin sampai saya tutup malam ini lapangan sepak bola Tuah Indrapura ramai dikunjungi masyarakat yang ingin menyaksikan perjalanan perlombaan secara langsung,” kata Camat Bungaraya Amin Soimin kepada Publiknews.com, Rabu (25/05/2022) malam usai membagikan hadiah.

Baca Juga :  Ketua DPC PATRI Kabupaten Siak, Gelar Silaturahmi Bersama Warga Eks. transmigrasi di Lubuk Dalam

Sesuai keputusan yang diumumkan Hakim, keluar sebagai juara umum MTQ ke XII tingkat Kecamatan Bungaraya adalah Kampung Jayapura. Sementara, untuk MTQ tahun depan Kampung Jatibaru sebagai tuan rumah.

“Selamat untuk Kampung Jayapura sebagai Juara umum kali ini, dan bersiap tahun depan Kampung Jatibaru sebagai tuan rumah MTQ ke XIII,” tambah Camat.

Sementara itu Sekretaris Camat Bungaraya yang juga sebagai ketua Lembaga Pengemabangan Tilawatil Quran (LPTQ) Wasito mengucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada segenap panitia pelaksana MTQ tahun ini. Menurutnya, tanpa terjalin kerjasama yang baik, kegiatan itu tidak akan bisa berjalan sesuai apa yang diharapkan.

Baca Juga :  Kapolres Siak Resmi Menyandang Gelar Datuk Wira Setia Alam

“Saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada segenap panitia yang telah bekerja keras demi terlaksananya MTQ tahun ini. Anggaran minim, tanpa adanya kerjasama yang baik, acara ini mungkin tak bisa berjalan sesuai dengan apa yang menjadi harapkan kita bersama,” kata Wasito.

Wasito juga menjelaskan, anggaran tahun ini tidak sebesar anggaran sewaktu belum dilanda pandemi Covid-19. Saat itu terakhir MTQ XI digelar di Kampung Kemuning Muda.

“Masih pengaruh Covid-19, jadi anggarannya belum normal seperti MTQ ke XI di Kemuning Muda. Kalau secara rinci saya tidak ingat, paling hanya sekitar seratus jutaan gitulah,” jelasnya.

Dilain pihak, Penghulu Kampung Tuah Indrapura Sodikin mengatakan, pihaknya berlapang dada menerima keputusan yang diumumkan oleh Hakim.

“Sebagai tuan rumah, apapun keputusannya kami sangat menerima, terpenting saya ucapkan terimakasih kepada masyarakat Tuah Indrapura atas partisipasi dan kekompakannya. Semoga kedepan prestasi itu dapat kami raih,” kata Sodikin.

Baca Juga :  Ini Angka Korban Laka Lantas 2019 di Siak

Mendapatkan peringkat juara umum tentu bukanlah hal mudah, butuh kerjasama yang baik antara official dan kafilah. Prestasi yang cemerlang itu merupakan yang keempat kalinya bagi Kampung Jayapura.

“Prestasi ini kami raih berkat kerja keras tim official dengan seluruh kafilah. Kampung Jayapura sudah empat kali menyandang juara umum, tiga kali berturut-turut dan tahun 2019 sempat bergeser. Alkhamdulillah Trophy juara umum MTQ ke XII dapat kami boyong kembali,” kata Penghulu Kampung Jayapura Nurhadi Budiono.

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua Komisi III DPRD Siak Fraksi PDIP Rakip, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Siak H M Winto, tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh Penghulu se Kecamatan Bungaraya.

Laporan: Koko



Redaksi Publik News menerima kiriman berita, rilis pers dan opini. Kirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500

Komentar