oleh

Kegiatan Gapoktan di Siak Rampung, Ini Penjelasan PPTK Sukarimi

SIAK, PUBLIKNEWS.COM – Sebanyak 56 titik kegiatan yang dikelola langsung oleh Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Kabupaten Siak, Riau tahun 2021 rampung dikerjakan.

Kegiatan itu merupakan swakelola tipe empat, anggaran kegiatan itu masuk langsung ke rekening kelompok.

Dari 56 titik, besaran anggaran pertitiknya berkisar Rp29 juta lebih. Sedangkan peletakan bangunan itu berdasarkan titik koordinat yang sudah diajukan kelompok masing-masing.

Hal itu dijelaskan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Sukarimi, Sesuai hasil survei di lapangan pekerjaan seluruhnya sudah rampung dikerjakan.

“Hasil survei kami kemarin, semua kegiatan sudah rampung, kalaulah ada itu tinggal finishing saja. Anggaran pertitiknya Rp29 juta lebih, jenis bangunannya pintu air,” kata Sukarimi kepada Publiknews.com, Selasa (28/12/2021) siang di ruang kerjanya.

Baca Juga :  Kasus Corona Meningkat di Siak, Gubernur Riau Syamsuar Ragukan Kesiapan RSUD Tengku Rafian

Sukarimi juga menjelaskan, kegiatan itu dikelola langsung oleh Gapoktan. Sementara dari Dinas Pertanian hanya sebagai pengawas dan pendampingan saja. Jika ada yang tidak sesuai, itu tanggung jawab Gapoktan sendiri.

“Dinas hanya sebagai pengawas dan pendampingan. Kalau ada yang tidak sesuai tanggung jawab Gapoktan,” jelas Kabid PSP itu.

Lebih jauh Sukarimi mengatakan, untuk kegiatan tersebut paling banyak di Kecamatan Bungaraya. Menurutnya, jika sudah mencapai 90 persen, kegiatan akan dialihkan ke kecamatan lain.

“Target kami untuk mencukupi kebutuhan petani di Kecamatan Bungaraya tahun ini hampir 90 persen. Jika sudah terpenuhi, maka prioritas akan kita alihkan di kecamatan lain,” tambahnya.

Baca Juga :  Bungaraya Tak Zona Hijau Lagi, Pasien Positif Covid Semakin Bertambah

Sukarimi juga menegaskan, bahwa dalam kegiatan itu semuanya sudah dibayarkan sesuai administrasi yang diajukan oleh kelompok.

“Semuanya sudah cair dan langsung masuk ke rekening kelompok,” tukasnya.

 

Laporan: Koko



Redaksi Publik News menerima kiriman berita, rilis pers dan opini. Kirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500

Komentar