oleh

Meski Proyek P3A Desa Kubu I Rohil Banyak Kendala, Kades Muhlisin Pastikan Proyek Tetap Berjalan

-Rohil-1.528 views

ROHIL, (publiknews.com) – Untuk membantu pengairan sawah petani di desa Kubu I kecamatan Pekaitan kabupaten Rokan Hilir, Kades Muhlisin mengatakan, untuk program Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) dengan membangun sistem irigasi pengairan persawahan di desanya tetap berjalan. Meski pembangunan proyek irigasi itu tidak berjalan dengan mulus, banyak kendala seperti akses jalan yang sulit dilalui mobil pengangkut material karena jalan becek, dan kondisi cuaca yang menyebabkan pengerjaan proyek terhambat dan sebagainya.

“Kalau musim hujan kondisi jalan tidak bisa dilewati mobil pick up, terpaksa harus dilansir motor. Apalagi cuaca hujan semen cor jadi lambat kering,” Kata Muhlisin (25/12/2019).

Walau demikian, Muhlisin memastikan pekerjaan proyek tetap berlanjut hingga tuntas demi suksesnya pengairan persawahan pertanian di desa Kubu I kecamatan Pekaitan, Rohil.

Baca Juga :  Bangun Infrastruktur, Pemprov Riau Berencana Utang Rp 4 Triliun

Muhlisin juga mengatakan bahwa program irigasi P3A tersebut memiliki fungsi yang bertujuan meperbarui sistem irigasi persawahan yang sebelumnya.

“Ada dua keuntungan kita membuat irigasi tersebut, pertama kalau musim hujan atau banjir kita bisa menggunakannya untuk pembuangan air. Yang kedua, saat musim kemarau bisa kita gunakan untuk pengairan dengan mesin air keseluruh persawahan melalui irigasi tersebut,” katanya.

Lebih jauh Muslihin menjelaskan, kegiatan tersebut anggarannya bersumber dari DAK 2019.

“Itu anggarannya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019, dengan nilai Rp149 juta dengan waktu kerja 30 hari,” tandasnya.

Baca Juga :  Kades Karya Mulyo Sari Gelar Sosialisasi Bagi UMKM

Laporan : M Kurniadi
Editor : Koko Haryadi


Siapakah Yang Layak Jadi Bupati dan Wakil Bupati Kab. Siak 2020 - 2025?
  • *) Pilih Salah Satu



Redaksi Publik News menerima kiriman opini & jurnalisme warga. Panjang kiriman 500 – 600 kata dan dikirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500


LOWONGAN KERJA WARTAWAN PUBLIKNEWS

Komentar