oleh

Segini Biaya Program Sertifikasi Guru Mandiri

JAKARTA, (Publiknews.com) – Peminat program sertifikasi guru atau Pendidikan Profesi Guru (PPG) prajabatan mandiri bakal membeludak.

Baca Juga :  Mendikbud Tegaskan Tidak Ada Penghapusan Guru Honorer, Begini Katanya!

Menurut Ketum Ikatan Guru Indonesia (IGI) M Ramli Rahim, jumlah sarjana lulusan pendidikan cukup banyak. Ramil yakin, besaran biaya berkisar Rp 7,5 juta sampai Rp 9,5 juta per semester, tidak mengurangi minat pendaftar.

Ramli membeberkan, sasaran peserta PPG prajabatan mandiri itu adalah para sarjana. Program tersebut bagi IGI masih dianggap bagian dari perkuliahan.

Jika para sarjana pendidikan bisa melanjutkan pendidikan ke Strata Dua dalam jumlah yang besar, berarti ada kemampuan di dalamnya. Apalagi PPG ini sudah mengerucut menuju jalan menjadi guru, sehingga biaya untuk mengikuti program tersebut bakal ditanggung oleh orang tua masing-masing.

“Jadi meskipun belum bekerja menjadi guru, pendaftar PPG mandiri kami perkirakan tetap banyak,” ujarnya.

Dia berharap para sarjana belum bisa bekerja sesuai profesi itu, jika belum mengambil pendidikan profesi guru. Contohnya, dokter belum bisa praktik hanya dari ijazah kedokteran. Harus mengambil profesi kedokteran dulu

“Nah untuk profesi guru kami berharap pemerintah maupun pengelola yayasan pendidikan tidak sembarangan merekrut guru. Calon guru yang direkrut harus sudah memiliki sertifikat profesi guru. Namun, perlu waktu satu atau dua tahun lagi untuk menerapkan sistem ini,” tandasnya.

Baca Juga :  Guru Semakin Inovatif Berkat Program PINTAR Tanoto Foundation

Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan Mandiri Pada tahap awal pendaftaran dibuka bulan depan. Total ada 63 unit kampus Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yang mendapatkan kuota PPG prajabatan mandiri. Total kuota yang disiapkan adalah 12.225 kursi.(jpnn)

 

Editor: Ge. Setiawan


Siapakah Yang Layak Jadi Bupati dan Wakil Bupati Kab. Siak 2020 - 2025?
  • *) Pilih Salah Satu



Redaksi Publik News menerima kiriman opini & jurnalisme warga. Panjang kiriman 500 – 600 kata dan dikirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500


LOWONGAN KERJA WARTAWAN PUBLIKNEWS

Komentar