HUT ke-14, SMAN I Pusako Gelar Festival Lomba Lawak Melayu Tingkat SMA Sederajat Se-Kabupaten Siak

Pendidikan, Siak329 views

SIAK, PUBLIKNEWS.COM – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri I Pusako ke-14 tahun 2023, SMAN I Pusako menggelar Festival Lomba Lawak Melayu Tingkat SMA Sederajat se-Kabupaten Siak, Selasa (24/10/2023) pagi.

Kegiatan itu dengan mengusung tema Membangun Negeri Manjunjung Tradisi. Acara tersebut diwarnai gelak-tawa para penonton yang hadir baik dari para siswa maupun kalangan masyarakat umum.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Pusako, Drs. H. Indoto, MM dalam sambutannya mengatakan, bahwa acara itu merupakan kerjasama yang baik antara pihak Sekolah dan Komite Sekolah untuk memfasilitasi keinginan para siswa dalam menyalurkan bakat seni budaya khusunya seni lawak melayu.

“Kita berharap kegiatan ini menjadi agenda tahunan tetap untuk menjalin silaturahmi antar sekolah, sekaligus menumbuhkembangkan karakter peserta didik yang berbudaya melayu, sesuai visi-misi sekolah dan sesuai dengan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila,” kata Kepala Sekolah SMAN 1 Pusako yang baru bertugas sepekan yang lalu itu.

Selaku Ketua Panitia Efendi mengatakan, bahwa lomba lawak tersebut merupakan salah satu lomba dalam festival HUT SMAN 1 Pusako, karena sebelumnya ada lomba gasing dan layang-layang antar siswa dalam sekolah.

“Pada hari puncak HUT Sekolah nantinya, sang juara lomba lawak antar sekolah akan diundang hadir untuk menerima hadiah juara dan tampil sekali lagi di hadapan tamu undangan,” kata Efendi.

Sementara itu, koordinator lomba Bambang Bonari menyebutkan, ada dua puluh sekolah SMA Sederajat di lingkungan Kabupaten Siak yang diundang dalam perlombaan tersebut, terutama sekolah-sekolah terdekat. Ia juga meminta maaf kepada sekolah yang tidak sempat mengirimkan peserta akibat adanya keterlambatan undangan.

“Karena ini baru perdana kami adakan, terdapat kekurangan kami yaitu keterlambatan penyebaran undangan lomba. Sehingga banyak sekolah yang mengkonfirmasi tidak bisa mengirim peserta karena keterbatasan waktu latihan. Dan ada juga yang bentrok dengan agenda sekolah lainnya. Untuk itu kami mohon maaf kepada sekolah-sekolah sahabat atas hal tersebut, semoga ditahun depan kami bisa memperbaiki kualitas penyelengaraannya,” kata Pembina OSIS SMAN 1 Pusako itu.

Bambang juga menambahkan, meski banyak kekungan dalam persiapan, acara itu berjalan sukses dan dapat membuktikan skill yang dimiliki siswa sekolah yang ada di Siak.

“Namun terlepas dari itu, acara ini juga sebagai bukti bahwa anak-anak melayu bisa menjawab tuduhan kepada meraka yang dianggap kehilangan jati diri akibat kemajuan zaman. Dari sekolah kecil Tepian Sungai Jantan ini, kami menggelorakan semangat untuk mencintai negeri, sesuai tema acara yaitu membangun negeri, menjunjung tradisi,” tutupnya.

Berdasarkan data yang diperoleh, terdapat tujuh grup lawak dari tujuh sekolah yang berpartisipasi dalam lomba tersebut. Yaitu SMAN 1 Sungai Apit, SMAN 2 Sungai Apit, MA Nurul Hidayah Sungai Apit, SMAN 1 Bungaraya, SMAN 2 Bungaraya, MAN 1 Siak, dan SMAN 1 Pusako.

Sementara grup yang menjadi juara dalam lomba tersebut adalah MAN 1 Siak.

 

 

Laporan: Koko

[ays_poll id=1]

Lihat Berita dan Artikel Terbaru Publik News Lainnya di Google News


Redaksi Publik News menerima kiriman berita, rilis pers dan opini. Kirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500

Komentar