oleh

Menyongsong Revolusi Industri 4.0, Syamsuar Ingin Milenial Riau Garap Ekonomi Syariah

PEKANBARU,(Publiknews.com) – Ekonomi syariah dapat dijadikan andalan Riau di masa depan, dalam menyongsong berbagai peluang dan tantangan Investasi di Era Revolusi Industri 4.0. Selama ini ekonomi syariah dinilai lebih tahan terhadap krisis ekonomi dan mampu menekan inflasi, sehingga dapat mendorong tumbuhnya sektor riil.

Pengambangan ekonomi Islam juga dipastikan lebih berpihak pada ekonomi kerakyatan, sehingga diharapkan dapat menghilangkan sistem bunga sehingga lebih berkah, aman, adil transparan dalam profit. Karena itu Ekonomi Syariat perlu dikembangkan dengan memanfaatkan revolusi industri diera digitalisasi ekonomi saat ini.

Hal tersebut menjadi keyakinan Bupati Siak H Syamsuar, yang disampaikannya saat menjadi pembicara dihadapan lebih dari 200 mahasiswa pascasarjana Universitas Lancang Kuning (Unilak) pada seminar nasional bertema “Peluang dan Tantangan Investasi di Era Revolusi Industri 4.0,” yang ditaja Pascasarjana Universitas Lancang Kuning Provinsi Riau, Kamis (14/2/2019) pagi.

Baca Juga :  Polres Bengkalis Ekspos 6 Orang Tersangka Pembakar Lahan

Ada banyak contoh peluang diberbagai subsektor ekonomi kreatif kata Syam, misalnya di salah satu subsektor seni dan perfilman. Baru-baru ini kata dia, ada anak Riau di Bandung yang memproduksi film religi bertema Islam yang berskala nasional dan sempat syuting berlokasi di Siak Sri Indrapura. Di Kabupaten Siak juga saat ini sudah bermunculan film-film yang diproduksi anak daerah.

Syamsuar mengingatkan terbuka lebarnya peluang pengembangan ekonomi syariah dengan bantuan revolusi industri 4.0, mengingat 87 persen masyarakat Indonesia adalah umat islam. Sehingga kebutuhan akan mengembangkan ekonomi syariah peluang pasarnya sangat besar.

Baca Juga :  PWI Riau Gratiskan Enam Kelas UKW XII

“Indonesia akan ambil alih peran Inggris sebagai pelopor ekonomi syariah masa depan. Peluang ini diperkuat dengan Perpres Nomor 91 Tahun 2016 tentang Komite Nasional Keuangan Syariah dan baru saja Menteri Pariwisata menetapkan Riau sebagai destinasi wisata halal. Tak hanya itu, Bank Riau juga ingin kita konversi jadi Bank Syariah sesuai hasil kajian kelayakan yang dilakukan pakar ekonomi syariah Ustadz Syafi’i Antonio” ungkapnya.

Terkait kesiapan daerah dalam menyongsong era ekonomi digital 4.0, Syamsuar dikesempatan itu menceritakan sejumlah upaya telah dilakukan Pemerintah Kabupaten Siak diberbagai dibidang.


Siapakah Yang Layak Jadi Bupati dan Wakil Bupati Kab. Siak 2020 - 2025?
  • *) Pilih Salah Satu
Baca Juga :  Warga Keturunan Tionghoa di Siak Meninggal Malam Ini, Prosesi Pemakaman Layaknya Pasien Covid-19



Redaksi Publik News menerima kiriman opini & jurnalisme warga. Panjang kiriman 500 – 600 kata dan dikirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500


LOWONGAN KERJA WARTAWAN PUBLIKNEWS

Komentar