oleh

Keluarga Ini Rela Jauh-Jauh Ke Siak Lihat GMC Dan Lakukan Ritual

SIAK,(publiknews.com) – Gerhana Matahari Cincin (GMC) merupakan fenomena alam yang langka bagi masyarakat Indonesia, karena dari semua kejadian gerhana matahari cincin pada tanggal 26 Desember 2019 ini gerhana yang dapat disaksikan seluruh masyarakat Indonesia.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyatakan, GMC yang paling sempurna bentuk cincinnya ada di Siak dari semua titik yang ada di Indonesia, karena itu banyak wisatawan daerah maupun luar daerah datang ke Siak untuk melihat fenomena langka tersebut.

Salah satu pengunjung Jimy berusia 40 tahun keturunan China, datang dari Medan bersama keluarga untuk menyaksikan gerhana matahari cincin di Siak. Jimy berangkat menaiki bus dan menempuh waktu sekitar 24 jam perjalanan.

Baca Juga :  Serahkan BLT, Pemerintah Kampung Jayapura Kunjungi Rumah Warga

Jimy mengatakan dirinya dan keluarga sengaja datang untuk melihat gerhana matahari cincin dengan bentuk sempurna yang ada di kampung Bunsur, Siak. Menurut kepercayaannya, saat terjadi GMC itu terdapat manfaat bagi kesehatan dengan melakukan gerakan terapi dan dengan sedikit doa.

“Ya, kami sengaja datang jauh-jauh ke Siak untuk melihat gerhana ini, karena kami akan berdoa dan melakukan terapi kesehatan,” Kata Jimy kepada publiknews.com Kamis, (26/12/2019).

Jimy mengaku mengetahui informasi tentang daerah titik gerhana yang sempurna ada di Siak, ia mengetahui dari salah seorang teman yang berada di Inggris.

Baca Juga :  Kontroversi Pemberian Grasi Annas Maamun, Ini Kata Jokowi

“Kata teman saya yang Ahli Astronomi di Inggris, di sini merupakan kejadian gerhana yang paling bagus diantara gerhana-gerhana yang lain,” Ungkap Jimy.

IMG 20191226 WA0001 - Publiknews

Saat puncak terjadinya gerhana matahari cincin dimulai pukul 12:17 WIB, Jimy dan keluarga tampak seperti sedang berdoa dengan posisi yang berbeda-beda, sebagian menghadap ke matahari dan sebagian membelakangi matahari, dengan kedua tangan menempel sejajar dada seperti gerakan berdoa, sebagian posisi berdoa ada yang berdiri dan sebagian duduk bersila.

“Kami berdoa untuk meminta kesehatan, rejeki, keselamatan. Sekalian berjemur di bawah sinar gerhana matahari cincin,” Tutup Jimy.

Jimy tidak menjabarkan detil apa nama gerakan dan doa yang ia dan keluarganya lakukan. Jimy mengakhiri ritualnya setelah gerhana matahari cincin itu pun berakhir.


Siapakah Yang Layak Jadi Bupati dan Wakil Bupati Kab. Siak 2020 - 2025?
  • *) Pilih Salah Satu
Baca Juga :  Gagal Dilantik Jadi Penghulu Benhul, Sadam: Saya Korban Politik



Redaksi Publik News menerima kiriman opini & jurnalisme warga. Panjang kiriman 500 – 600 kata dan dikirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500


LOWONGAN KERJA WARTAWAN PUBLIKNEWS

Komentar