oleh

Peternakan Itik dan Ikan di Halaman Belakang Polsek Koto Gasib

SIAK, PUBLIKNEWS.COM – Tak ada yang bisa menampik kreativitas Kapolsek Koto Gasib Ipda Suryawan dan personelnya. Lahan kosong yang ada di belakang Mapolsek digarap dan dibersihkan menjadi kolam ikan dan peternakan itik.

Menurut Kapolsek Koto Gasib, apa yang mereka lakukan sebagai upaya menjaga ketahanan pangan di tengah pandemi Covid-19.

“Saya meminta Bhabinkamtibmas Bripka Mahadir yang mengurus dan menjaganya, karena Polsek berada di wilayah Pangkalan Pisang dan Mahadir sebagai Bhabinkamtibmas Pangkalan Pisang,” jelas Suryawan.

Ternyata kerja sama yang baik diperlihatkan seluruh personel yang kebetulan sedang dinas atau piket. Berada di kolam atau mengurus itik menjadi hiburan tersendiri.

Baca Juga :  Tahun Depan, Siak Harus Raih Adipura kencana

Meski demikian, agar hasil dan maafnya bisa dinikmati dengan baik. Mahadir memanfaatkan jasa seorang muallaf bernama Nurani Zai (49) untuk mengelola kolam dna peternakan itik.

Ternyata jika diurus dengan baik, dengan pakan yang cukup, itik-itik bisa cepat bertelur. Alhamdulillah, dalam waktu yang tidak terlalu lama, puluhan itik-itik itu setiap hari bertelur. Hal itu tentunya menambah pendapatan Nurani di tengah pandemi Covid-19 seperti ini.

“Nurani sangat terbantu, dia bisa memasarkan telur-telur itik itu di pasar terdekat. Atau menjualnya kepada warga sekitar dalam bentuk telur asin,” kata Kapolsek Suryawan, Jumat (06/11/2020) pagi di Koto Gasib.

Baca Juga :  Sempat Viral, Tarif Karcis Parkir GMC Di Siak Ternyata Hoax

Menurutnya, apa yang dilakukannya bersama personelnya, sebagai bentuk rasa syukur. Jika pun ada yang mendapatkan manfaat dari apa yang mereka lakukan, hal itu merupakan bonus dari Allah atas usaha dan kerja keras yang dilakukan.

“Kami memang berusaha peduli terhadap lingkungan. Makanya kolam ikan dan ternak itik dikelola warga. Sehingga hubungan kami dengan warga tetap solid dan terus terjaga,” tambah Kapolsek Suryawan.

Lebih jauh dikatakannya, Nurani itu di rumahnya juga beternak itik. Itik bantuan dari Polsek dan Polres, sekaligus diajarkan cara membuat telur asin.

Baca Juga :  Belum Dilakukan Swab, Satu Santri Klaster Magetan di Bungaraya ini, Terpantau Ikut Shalat Jum'at di Masjid

Sebagai muallaf, dia harus bisa bangkit, ekonominya harus lebih baik. Dan bangganya kami padanya, dia pekerja keras. Bripka Mahadir yang terus membimbing dan membinanya, sehingga dia semakin mandiri dan percaya diri dalam menata hidupnya.




Redaksi Publik News menerima kiriman berita, rilis pers dan opini. Kirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500


LOWONGAN KERJA WARTAWAN PUBLIKNEWS

Komentar