oleh

Akibat Curah Hujan, Puluhan Rumah di Kecamatan Bukit Batu Bengkalis Terendam Banjir

BENGKALIS, PUBLIKNEWS.COM – Puluhan rumah warga Desa Batang Duku, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis, Riau terendam banjir akibat tingginya curah hujan yang terjadi dalam beberapa hari ini.

“Ada sekitar 45 rumah di dusun Mekar Sari dan Kampung Baru yang saat ini terendam banjir,” ujar Kepala Desa Batang Duku Sapri seperti dikutip Antara, Ahad (29/11/2020).

Selain itu, kata Kades,  lima Kepala Keluarga (KK) terpaksa diungsikan karena rumah yang ditempati tak bisa dipakai akibat terendam  banjir.

“Rumah lima KK ini terparah digenangi air mencapai 40 cm atau setinggi lutut orang dewasa sdhingga terpaksa diungsikan ke tempat lain,” kata Kades.

Baca Juga :  Polres Bengkalis Ekspos 6 Orang Tersangka Pembakar Lahan

Diungkapkannya,  banjir ini terjadi selain curah hujan yang tinggi juga diakibatkan tersumbatnya aliran  drainase ke perbatasan lahan milik PT. Indah Kiat dan sebulan yang lalu, pihak perusahaan sudah disurati tetapi tidak ada respon juga.

“Lahan PT. indah Kiat berbatasan dengan desa Batang Duku, kita jauh hari sudah menyurati agar saluran air yang berbatasan dengan desa agar dilakukan normalisasi, tetapi sampai saat ini tidak ada tanggapan,” keluh kades.

Kades juga akan mengancam akan melakukan aksi demo bersama masyarakat ke perusahaan apa bila dalam beberapa hari ini tidak ada juga tanggapan untuk membantu membersihkan drainase yang ada saat ini.

Baca Juga :  Kapolres Siak Pimpin Upacara Korp Raport Kenaikan Pangkat 82 Personel

“Saat ini kita bersama masyarakat melakukan gotong royong bersama membersihkan parit dan saluran air,  apa bila tidak ada juga respon dari perusahaan warga akan melakukan aksi nantinya, ” kata Kades.

Selain itu Camat Bukit Batu dan juga BPBD juga sudah turun ke lokasi rumah warga yang terendam banjir.

“Kita sudah turun ke lokasi dan langkah yang diambil berkoordinasi dengan BPBD dan Dinas Sosial agar dapat menyalurkan bantuan kepada warga yang terdampak banjir,” kata Camat Bukit Batu Taufik.

Editor: Koko Haryadi

Komentar