Sediakan Berbagai Macam Wahana, Pasar Malam Bina Persada Entertainment Mampu Serap Tenaga Lokal

Bisnis, Siak4,129 views

SIAK, PUBLIKNEWS.COM – Hiburan pasar malam Bina Persada Entertainment asal Sumatera Barat (Sumbar) yang digelar di lapangan Sri Wangsa Kampung Bungaraya, Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak, Riau ternyata mampu menyerap tenaga lokal. Hal itu terlihat, dari pengelolaan parkir kendaraan dan SPG merupakan pemuda-pemudi asal Kampung tempatan.

Untuk SPG yang ditempatkan di setiap wahana dan permainan, merka mendapatkan upah sebagai imbalan profesi tersebut. Tentunya, dengan bekerja sebagai SPG secara tidak langsung mereka punya penghasilan.

“Kalau kami hanya sebagai pengelola pasar malam saja. Untuk mekanisme yang lain kita bekerjasama dengan Karang Taruna Tunas Muda Kampung Bungaraya. SPG kita bayar dengan upah sesuai pendapatan yang diperolehnya, yaitu berkisar antara Rp25-30 ribu,” kata Hengki Ria Dwico kepada Publiknews.com, Sabtu (7/3/2020) malam.

Hengki juga menceritakan, usaha yang digeluti bersama ayahnya itu sudah melanglang buana sejak ia masih kecil. Namun, setelah dirinya lulus SMA, selalu mendampingi sang ayah M Zen (65) hingga saat ini. Ia juga mengaku, untuk di Riau sudah banyak Kabupaten yang mereka singgahi.

“Usaha ini pertama dijalankan bapak saya M Zen sudah lama sekali. Kemudian saya ikut mendampingi bapak saya semenjak lulus SMA tahun 2001. Kalau di Riau kita buka di MTQ, terus di Kerinci Kanan dan Sorek (Pelalawan), Air Molek (Indragiri Hulu), Kecamatan Bungaraya (Siak) serta di Sungai Nibung Kabupaten Bengkalis,” urainya.

Lebih lanjut Hengki menjelaskan, untuk mendirikan usaha itu, dulu sang ayah harus merogoh kocek hingga ratusan juta rupiah. Untuk menghibur para pengunjung yang datang, pihaknya selalu mendatangkan artis-artis lokal. Pasar malam Bina Persada Entertainment itu berakhir di Bungaraya hingga 30 maret mendatang.

“Untuk membuat usaha ini, modal komplit sekitar Rp400-500 juta, setiap Selasa malam kita juga mendatangkan artis lokal dari Sumbar dan Kampar Riau. Kami di Kecamatan Bungaraya terakhir buka tanggal 30 Maret, setelah itu kita belum tau akan buka di mana,” jelas Hengki.

Hengki juga mengaku, di sepanjang perjalanan usaha yang digelutinya itu, peminat pengunjung tidak sebanyak di kampung halamannya. Ia juga mengatakan, sedikitnya 10 wahana yang disiapkan untuk para pengunjung.

“Kalau ramainya pengunjung masih belum bisa seramai di Sumbar, selama di Riau belum ada yang menonjol. Semua masih standar di setiap tempat yang kita buka. Pada pasar malam ini kami menyediakan wahana dan ketangkasan. Ada Tong Setan, Biang lala, Kora-kora (kapal Columbus), Kursi terbang, Road molen, Kuda mini putar, Sampan mini putar, ombak Asmara dan panggung si Komo. Sedangkan untuk ketangkasan, ada lempar gelang, Bowling dan lempar bola,” pungkasnya.

Selaku panitia, Ketua Karang Taruna Tunas Muda Kampung Bungaraya Fernando Pardede mengatakan, dengan adanya pasar malam itu, pemuda setempat memiliki kegiatan yang bisa menghasilkan. Ia juga menjelaskan, untuk pengelolaan parkir digilir perdusun setiap minggunya. Sedangkan untuk pengelolaan parkir, kita bagi sebanyak 3 dusun setiap minggu, dan yang seminggu lagi diambil anggota dan pengurus Karang Taruna,” kata pria yang akrab dengan sapaan Pardede itu.

Fernando yang didampingi mantan ketua Karang Taruna Amin Nurahman itu juga mengatakan, untuk kegiatan pasar malam di Bungaraya setiap Kamis diliburkan. Ia juga mengaku, ramainya pengunjung hanya terjadi saat hari libur.

“Pasar malam setiap hari Kamis atau malam Jum’at libur karena kita menghargai kegiatan keagamaan wirid yasin. Kalau pengunjung yang ramai hanya waktu libur akhir pekan Sabtu malam minggu seperti ini,” tutupnya.

Terlihat saat itu, wahana yang paling diminati pengunjung pada akhir pekan adalah Tong Setan dan Ombak Asmara. Pasalnya, pada wahana tersebut banyak digemari oleh kaum remaja. Selain itu, wahana anak-anak pada akhir pekan juga dipenuhi pengunjung yang rata-rata anak usia dini, ada seni mewarnai, mancing ikan dan kuda mini putar.

Laporan: Koko
[ays_poll id=1]

Lihat Berita dan Artikel Terbaru Publik News Lainnya di Google News


Redaksi Publik News menerima kiriman berita, rilis pers dan opini. Kirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500

Komentar