Serius Dengan Temuan Makam Kuno di Siak, BPCB Sumbar Tinjau Langsung ke Koto Ringin

Siak4,069 views

SIAK, PUBLIKNEWS.COM – Serius menanggapi temuan dua makam kuno di Kampung Koto Ringin, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak, tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumatera Barat turun langsung ke tempat batu nisan makam kuno itu ditemukan.

Didampingi oleh youtuber Siak tim @Kelana Chanel dan Kasi Kebudayaan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Siak, bersama-sama mengecek bentuk nisan peninggalan sejarah itu.

“Dilihat dari bentuknya, nisan ini modelnya ‘Gada’ bergaya nisan Aceh, tipe K. Kita cocokkan dengan data yang ada di BPCB kami,” Kata Emi Rosman bagian Pengamanan, Penyelamatan dan Zonasi (P2Z), Kamis (6/2/2020).

Dijelaskannya, pihak BPCB hanya memastikan keberadaan dari dua makam kuno tersebut, dan peninjauan baru tahap awal.

“Kita kumpulkan data-data, informasi untuk kemudian kita laporkan ke kantor. Kemudian nanti kita surati pak Bupati Siak untuk pengamanan lokasi temuan,” Cakapnya.

BPCB belum mengetahui pasti apakah makam tersebut milik seorang bagsawan, laki-laki atau perempuan. Namun berdasarkan informasi, nisan tersebut diperkirakan sekitar abad ke 17.

“Yang kita lihat ini makam seorang yang sudah islam, dari nisannya bergaya Aceh, Aceh kan dulu kerajaan islam,” Tutupnya.

Laporan : Wahyu

[ays_poll id=1]

Lihat Berita dan Artikel Terbaru Publik News Lainnya di Google News


Redaksi Publik News menerima kiriman berita, rilis pers dan opini. Kirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500

Komentar