Siti Aminah Wakili Penghulu dari Siak, Jemput Bantuan Keuangan Pemprov Riau

Ekonomi, Siak2,859 views

SIAK, (Publiknews.com) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau menyerahkan Bantuan Keuangan (Bankeu) secara simbolis kepada seluruh desa/kampung dan kecamatan yang ada di wilayah Provinsi Riau. Bantuan keuangan yang diberikan kepada para Kepala Desa (Kades) tersebut diserahkan langsung oleh Gubernur Riau H Syamsuar M.Si, Jum’at (15/11/2019) siang.

Prosesi acara penyerahan Bankeu yang digelar di Hotel Labersa Pekanbaru itu, selain dihadiri Gubernur Riau Syamsuar, juga dihadiri oleh Ketua Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau Zufra Irwan, para Bupati, para Camat, serta ribuan Kades/Penghulu dari berbagai desa se-Provinsi Riau.

Dalam arahannya, Ketua Komisi Informasi Provinsi Riau Zufra Irwan mengingatkan para Kades se-Riau agar segera membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Desa/Kampung.

“Sebagai badan publik, pemerintahan desa wajib memiliki PPID desa, karena keberadaan PPID ini sangat membantu Kades/Penghulu dalam menjalankan tugas. Kalau sudah ada PPID, para Kades/Penghulu bisa fokus bekerja untuk warganya. Sebab, Kades tak lagi disibukkan dengan urusan permintaan informasi, karena urusan itu sudah ditangani oleh PPID desa,” pesan Zufra lrwan, usai penyerahan Bankeu secara simbolis kepada Kades.

Lebih lanjut Zufra mengatakan, pihaknya selalu menerima keluhan dari Kades terkait banyaknya oknum-oknum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan oknum wartawan yang memaksa memperoleh informasi desa.

“PPID desa adalah salahsatu solusi bagi Kades untuk meminimalisir keberadaan oknum LSM dan wartawan yang mengganggu Kades dalam permintaan informasi. Sebab, dengan adanya PPID ini, orang tak bisa lagi sembarangan meminta informasi desa,” lanjut Zufra.

Sementara itu, Penghulu Kampung Banjar Seminai Kecamatan Dayun Hj Siti Aminah S.Pd, selaku kepala kampung yang mewakili Penghulu dari Kabupaten Siak, mengaku sangat berterimakasih kepada Pemerintah Provinsi Riau yang telah menyalurkan Bankeu untuk desa/kampung.

“Alhamdulillah, hari ini Pemprov Riau menyerahkan bantuan keuangan untuk kampung-kampung yang ada di Provinsi Riau. Dengan adanya bantuan keuangan ini, tentunya kami dari Pemerintahan Kampung merasa sangat terbantu. Sesuai arahan yang sudah kami terima, Bankeu ini nantinya akan kami gunakan untuk kemajuan kampung, yakni membesarkan dan mengembangkan Badan Usaha Milik Kampung (BUMKam) yang ada di Banjar Seminai,” tutur Hj Siti Aminah, kepada Publiknews.com.

Laporan: Miswanto/Tok
Editor: Ge. Setiawan

[ays_poll id=1]

Lihat Berita dan Artikel Terbaru Publik News Lainnya di Google News


Redaksi Publik News menerima kiriman berita, rilis pers dan opini. Kirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500

Komentar