Pemkab Siak Salurkan 2500 Beasiswa untuk Mahasiswa Berprestasi, Berikut Jenjangnya

Pendidikan, Siak13,494 views

SIAK, (Publiknews.com) – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Siak melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Siak, hari ini Senin (25/11/2019) siang, akan mengumumkan nama-nama penerima bantuan program beasiswa mahasiswa berprestasi yang pada beberapa bulan lalu mengajukan permohonan ke Disdikbud Siak.

Sebagaimana dikemukakan oleh Kepala Disdikbud Siak H Lukman M.Pd, melalui Kasubag Umum Dori Putra.

“Setelah melalui proses panjang penyeleksian dan verifikasi berkas yang diajukan oleh para mahasiswa, hari ini kami (Disdikbud Siak, red) akan mengumumkan nama-nama penerima bantuan beasiswa untuk mahasiswa berprestasi,” papar Dori Putra, kepada Publiknews.com.

Dijelaskannya juga, nama-nama mahasiswa yang menerima program beasiswa tersebut, hari ini juga akan dimumkan melalui informasi tertulis yang ditempelkan/dipajang di dinding depan sebelah pintu masuk Kantor Disdikbud Siak.

“Insya Allah, hari ini juga akan kami tempelkan pengumuman nama-nama penerima beasiswa di dekat pintu masuk Kantor Disdikbud Siak. Adapun untuk sistem penyalurannya, beasiswa ini akan langsung ditransfer ke rekening penerima masing-masing, sehingga mahasiswa penerima tidak repot-repot lagi mendatangi Kantor Disdikbud Siak,” lanjut Dori.

Menyinggung soal besaran (nilai uang, red) beasiswa yang akan disalurkan kepada mahasiswa berprestasi tersebut, untuk di tahun 2019 ini jumlahnya lebih besar dibandingkan dengan yang tahun 2018 lalu. Hal itu dikarenakan adanya penambahan anggaran yang dialokasikan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun 2019.

Berikut jumlah penerima program beasiswa berdasarkan jenjang pendidikan;

Jenjang D-IV / S1 = 2.318 orang
Jenjang S2 = 39 orang
Jenjang D-III = 130 orang
Jenjang Fakultas Kedokteran Universitas Riau (UR) = 13 orang

“Sebelum dilakukan verifikasi berkas, jumlah mahasiswa yang mengajukan permohonan beasiswa sebanyak 2.570 orang. Namun, setelah diseleksi dan diverifikasi, berkas yang dinyatakan memenuhi syarat dan dinyatakan lulus seleksi sebanyak 2.500 orang.

Adapun untuk masing-masing mahasiswa akan menerima beasiswa sesuai dengan jenjang pendidikannya, yakni bagi jenjang D-IV dan S1 sebesar Rp2.000.000/orang, jenjang S2 Rp2.500.000/orang, jenjang D-III Rp1.700.000/orang. Sedangkan khusus untuk mahasiswa Fakultas Kedokteran UR Rp22.700.000/orang,” imbuh Dori.

Lebih lanjut dikatakan, mahasiswa yang mendapatkan bantuan beasiswa dari Pemkab Siak tersebut, merupakan mahasiswa yang benar-benar berasal dari Kabupaten Siak, yang dibuktikan melalui KTP, KK, dan keterangan lainnya.(tok)

Laporan: Miswanto/Tok
Editor: Ge. Setiawan

[ays_poll id=1]

Lihat Berita dan Artikel Terbaru Publik News Lainnya di Google News


Redaksi Publik News menerima kiriman berita, rilis pers dan opini. Kirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500

Komentar