oleh

Petani Teluk Lanus Panen 2,5 Ton Padi Per Hektare

-Siak-1.212 views

SIAK, (Publiknews.com) – Sebagai upaya dalam membantu dan meningkatkan produktivitas pertanian di Kampung Teluk Lanus Kecamatan Sungai Apit, pada tahun 2018 dan 2019 Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Siak melalui Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Pemukiman (PU Tarukim) membangun sarana pengairan (irigasi, red) di lahan pertanian Teluk Lanus.

Baca Juga :  Acara Halal bi Halal di PC NU Siak, Bak Lautan Manusia

Berdasarkan informasi yang dihimpun, dengan adanya pembangunan irigasi di Kampung Teluk Lanus, saat ini petani setempat tidak lagi dihantui akan datangnya banjir dikala musim penghujan tiba. Sebagaimana dikemukakan oleh Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Siak Budiman Safari.

“Sejak tahun 2018 lalu Dinas PU Tarukim Siak membangun proyek pengairan di sana. Banjir yang biasanya menggenangi lahan petani sekarang sudah disalurkan melalui saluran air (irigasi, red) tersebut. Bahkan sekarang petani sudah panen padi 2,5 ton per hektare, sejak adanya irigasi dan pintu air yang dibangun oleh Dinas PU Tarukim Siak itu,” papar Budiman Safari, kepada Publiknews.com.

Lebih lanjut Budiman Safari mengatakan, sejak sudah dibangunnya irigasi dan pintu air di Kampung Teluk Lanus, saat ini tidak hanya padi saja yang ditanam oleh para petani. Bahkan cabe merah, cabe rawit, semangka, jagung tumpang sari, terong ungu, dan kacang tanah juga sudah mulai dikembangkan oleh masyarakat di sana.

Baca Juga :  Polda Riau Bersma BNNP Musnahkan Narkotika Jenis Sabu Ratusan Kilogram dan Ribuan Ekstasi

“Sekarang lagi semangat masyarakat petani di sana untuk mengembangkan pertaniannya. Kita juga ikut semangat dan mendukung, walaupun untuk pergi ke sana (Teluk Lanus, red) terasa agak susah, karena harus carter boat,” tutupnya.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas PU Tarukim Siak H Irving Kahar Arifin, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengairan H Tengku Amri membenarkan, jika sejak tahun 2018 lalu pihaknya membangun irigasi di Kampung Teluk Lanus.

“Iya, mulai tahun 2018 lalu Dinas PU Tarukim Siak membangunan saluran air (irigasi, red) di wilayah Kampung Teluk Lanus, karena lahan pertanian di sana cukup luas, maka pembangunan saluran air itu kita lanjutkan kembali di tahun 2019 ini. Alhamdulillah saat ini apa yang sudah kita bangun di sana sudah bisa dirasakan dan dinikmati oleh masyarakat/petani setempat,” terang Tengku Amri, Jum’at (15/11/2019) siang.


Siapakah Yang Layak Jadi Bupati dan Wakil Bupati Kab. Siak 2020 - 2025?
  • *) Pilih Salah Satu



Redaksi Publik News menerima kiriman opini & jurnalisme warga. Panjang kiriman 500 – 600 kata dan dikirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500


LOWONGAN KERJA WARTAWAN PUBLIKNEWS

Komentar