Cegah Politisasi SARA Hoaks dan Money Politik, Bawaslu Siak Gelar Festival Budaya

Politik, Siak161 views

SIAK, PUBLIKNEWS.COM – Dalam rangka cooling system mencegah Politisi SARA, Hoaks dan Money politik jelang pelaksanaan pemilu 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Siak gelar Festival Budaya Bawaslu yang dilaksanakan di Lapangan Siak Bermadah, Siak Sri Indrapura, Sabtu (18/11/2023) pagi.

Dalam pembukaan acara tersebut dihadiri oleh Wakil Bupati Siak Husni Merza, Ketua Bawaslu Siak Zulfadli Nugraha, Anggota Bawaslu RI Lolly Suhenty, Ketua Bawaslu Riau Alnofrizal, KPU Siak, Kapolsek Siak Ali Azar, Kasi Intel Kajari Siak Rawatan Manik, Perwakilan Dandim Siak Ayub , dan anggota Panwaslu yang ada di Kabupaten Siak.

Dibuka dengan tari persembahan, dan Pertunjukan Silat Pagar Nusa, kegiatan ini akan berlangsung hingga malam hari penutupan, diisi dengan pertunjukan Budaya melayu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Siak Zulfadli Nugraha dalam sambutannya menyampaikan bahwa pemilu merupakan ciri khas dalam demokrasi, oleh karena itu perlu dilindungi dari berita hoaks, politisasi SARA, dan money Politik.

“Pemilu adalah ciri khas demokrasi, ini merupakan tugas kita bersama untuk melindungi Pemilu kita dari tindakan kecurangan termasuk Politisasi SARA, Hoaks serta money politik,” ujarnya.

Zulfadli juga mengatakan, tindakan yang perlu dilakukan salah satunya dengan melakukan pencegahan terjadinya hal-hal yang dapat menimbulkan konflik.

“Tindakan yang perlu dilakukan yaitu pencegahan dan penanganan, dalam hal ini Bawaslu Siak melakukan pencegahan dengan menggelar Festival Budaya Bawaslu Siak, melalui kegiatan ini kami mengundang masyarakat Siak khususnya kawula muda, karena 15 persen pemula, artinya pada pemilu kali ini banyak kawula muda, oleh sebab itu dilakukan kegiatan untuk mencegah permasalahan dalam pemilu,” terang Ketua Bawaslu Siak itu.

Ketua Bawaslu juga menjelaskan kegiatan yang akan dilaksanakan pada festival budaya tersebut, yang dimulai dengan pertunjukan silat dan tari persembahan.

“Ini pesta rakyat, dimulai dari pertinjukan silat dan tari persembahan, selanjutnya akan diisi dengan lagu melayu dan celoteh melayu kemudian dilanjutkan dengan fashion show busana malam nanti,” jelasnya.

Selain itu, Zulfadli juga mengatakan akan melakukan penayangan film dokumenter tentang pemilu jelang pelaksanaan kampanye nanti.

Bawaslu Siak juga melakukan pencegahan dengan menayangkan film dokumenter jelas pelaksanaan kampanye nanti, kita mengikutsertakan bintangi film tersebut oleh artis lokal supaya Pemilu kita terbebas dari Politisasi SARA, money politik, dan hoaks,” sebutnya.

Wabup Siak Husni Merza juga mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan perdana yang dilakukan Bawaslu Siak dan mengucapkan terimasih atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

“Kami mewakili Pemerintah Kabupaten Siak mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Bawaslu Siak yang telah menggelar festival Budaya ini, festival ini merupakan perdana yang dilakukan. Ini merupakan sejarah bagi Pemilu di Kabupaten Siak dengan kegiatan pesta rakyat melalui festival Budaya ini,” ucap Husni.

Wabup Husni juga mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan luar biasa karena mengusung budaya serta mencegah hal-hal yang tidak diinginkan jelang pemilu ini terjadi.

“Ini merupakan pesan luar biasa, dengan kegiatan dengan adat budaya ini mudah-mudahan Pemilu di Kabupaten Siak dapat berjalan lancar dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, karean selama ini Siak tidak pernah ditemukan permasalahan yang berarti dalam pelaksanaan Pemilu,” terang Wabup.

Wabup juga berharap agar pemilu 2024 nanti dapat berjalan lancar sesuai prosedur dan masyarakat semakin cerdas untuk dapat menghindari hal-hal seperti politisi Sara, berita hoaks, dan money politik.

“Dengan kegiatan ini kita harap dapat mencegah jangan sampai terjadi hal-hal yang dapat memicu konflik, Saya berharap masyarakat semakin cerdas, secara adil dan mencerdaskan agar masyarakat tidak tersebut oleh Politisasi SARA, money politik, dan hoaks,” pungkasnya.

 

Laporan : Sary

Editor : Koko Haryadi 

 

 

[ays_poll id=1]

Lihat Berita dan Artikel Terbaru Publik News Lainnya di Google News


Redaksi Publik News menerima kiriman berita, rilis pers dan opini. Kirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500

Komentar