oleh

Penumpang Bus hingga Kereta Api Sekarang Wajib Gunakan Aplikasi PeduliLindungi

JAKARTA, PUBLIKNEWS.COM – Koordinator Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Jawa-Bali, Luhut Binsar Pandjaitan, menyebutkan penumpang transportasi umum wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi. PeduliLindungi adalah aplikasi yang diciptakan untuk membantu melacak penyebaran virus Covid-19

Dikutip dari Tempo, Selasa (24/08/2021), dalam konferensi pers yang digelar secara virtual pada Senin sore 23 Agustus 2021, Luhut menyampaikan bahwa pemerintah juga mendorong penggunaan aplikasi PeduliLindungi bagi seluruh moda transportasi baik itu kereta api, bis umum, kapal api, dan penyebrangan.

Saat ini penggunaan aplikasi PeduliLindungi baru diwajibkan untuk penumpang di sektor transportasi penerbangan. Merujuk pada ketentuan dalam penggunaan aplikasi PeduliLindungi, masyarakat yang memasuki area khusus harus pernah divaksin Covid-19 minimal dosis pertama.

Baca Juga :  Dapat Grasi 1 Tahun, Ini Isi Surat Pengampunan Annas Maamun Kepada Jokowi

Luhut mengatakan pemerintah telah menerapkan uji coba protokol kesehatan dan penggunaan aplikasi PeduliLindungi sebagai sarana skrining untuk mengurangi penularan Covid-19 di tempat umum dan area keramaian. Selain di angkutan udara, PeduliLindungi sudah berlaku di mal atau pusat perbelanjaan, venue olahraga outdoor, dan pabrik-pabrik industri.

Dikutip dari Tempo, Selasa (24/08/2021), aplikasi PeduliLindungi ini mulai digunakan sejak 10 Agustus 2021. Dari awal peluncurannya, tercatat total masyarakat yang melakukan skrining melalui aplikasi itu mencapai 5,9 juta orang. Dari total pengguna, 12.459 di antaranya ditolak oleh sistem akibat tidak memenuhi syarat.

Baca Juga :  Antisipasi Warga dari Daerah Luar, Koramil 12/PWK Sabak Auh Pantau Pos Covid-19 di Jalan Lintas Belading

Adapun dalam waktu dekat, aplikasi PeduliLindungi juga akan dimanfaatkan di area uji coba Liga 1 di Jakarta. Liga 1 akan berlangsung pada 27-29 Agustus 2021 tanpa penonton.

Penulis : Haryono



ucapan selamat idul adha dari publiknews

Redaksi Publik News menerima kiriman berita, rilis pers dan opini. Kirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500


LOWONGAN KERJA WARTAWAN PUBLIKNEWS

Komentar