oleh

Darurat Kabut Asap, PKS Serukan Mobilisasi Bantuan dan Salat Istisqa Nasional

JAKARTA, (Publiknews.com) – Dampak dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di sejumlah wilayah Indonesia dalam beberapa waktu belakangan ini kian mengkhawatirkan. Karena itu, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mohamad Sohibul Iman menyerukan mobilisasi bantuan untuk korban asap karhutla dan penyelenggaraan Salat Istisqa nasional.

Baca Juga :  LAM Riau Beri Gelar Datuk Seri Setia Amanah Negara Kepada Presiden Jokowi

Dia menuturkan, relawan PKS sudah melakukan aksi prioritas utama berupa penyelamatan warga terdampak, terutama warga kelompok rentan seperti balita, ibu hamil, ibu menyusui, lansia, penderita penyakit, dan warga berkebutuhan khusus. Semua struktur PKS di wilayah terdampak asap di Kalimantan dan Sumatera pun disebutnya telah melakukan aksi penyelamatan warga dengan membagikan masker dan membuka posko pengungsian.

pks kabut asap - Publiknews
Presiden PKS, Sohibul Iman. (Foto: iNews.id/Dok.)

“Aksi terjun untuk langsung memadamkan Karhutla juga sudah kita lakukan. Kini saatnya melakukan aksi prioritas pendukung yakni memobilisasi bantuan primer para korban seperti makanan, minuman, pakaian, obat-obatan dan alat kesehatan,” ujar Sohibul Iman di Kantor DPP PKS, Jakarta, Kamis (19/9/2019).

Mantan rektor Universitas Paramadina itu mengatakan, setiap kader PKS di wilayah terdampak diharapkan bisa menjadi relawan di setiap bidang yang dibutuhkan. Di antaranya relawan untuk penyediaan layanan kesehatan, pendampingan pendidikan, konseling, dan dapur umum di tempat-tempat penampungan.

Baca Juga :  Kabut Asap Makin Tebal di Siak, Etape ke 3 Tour de Siak Tanpa Pemenang

Sohibul menekankan, kini saatnya menunjukkan kepedulian tanpa harus memandang suku, agama dan golongan apa pun. “Kita terus berusaha memberikan khidmat terbaik untuk rakyat Indonesia, khususnya yang tengah dilanda kesulitan tanpa memandang suku, agama dan dari golongan apapun dibawah NKRI yang kita cintai ini,” kata dia.

Dia pun mengajak seluruh kader dan simpatisan PKS untuk berdoa dan melaksanakan shalat istisqa nasional untuk bermunajat kepada Allah SWT, memohon keselamatan dan perlindungan-Nya bagi seluruh warga di seluruh wilayah bencana kabut asap.

Bersamaan dengan itu, DPP PKS mengirim relawan dari Jakarta untuk daerah Kalimantan Tengah, Riau dan Kalimantan Barat. Ketua relawan PKS Agus Trihono mengatakan, prioritas relawan partainya dari pusat akan membuat “Rumah Oksigen” bagi para korban karhutla.


Siapakah Yang Layak Jadi Bupati dan Wakil Bupati Kab. Siak 2020 - 2025?
  • *) Pilih Salah Satu



Redaksi Publik News menerima kiriman opini & jurnalisme warga. Panjang kiriman 500 – 600 kata dan dikirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500


LOWONGAN KERJA WARTAWAN PUBLIKNEWS

Komentar