oleh

Polsek Sabak Auh Siak Amankan 7 Orang Diduga Pelaku Pencurian Besi PT BOB

SIAK, PUBLIKNEWS.COM – Sebanyak 7 orang  diduga pelaku pencurian besi milik PT Badan Operasional Bersama (BOB) Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak, Riau diamankan tim opsnal Polsek Sabak Auh, Kamis (07/04/2022) pukul 03.30 dinihari.

Selain barang bukti sekitar 2 ton besi diduga hasil curian itu, ikut juga diamankan satu unit alat berat, satu unit Dump Truck, satu unit Colt Diesel, satu unit Pic Up, regulator blander, blander pemotong besi, tabung oksigen, tabung gas LPG 3kg dan regulator tabung gas.

Kepada Publiknews.com, Kapolsek Sabak Auh Ipda Eunike Sabrina Damanik S.Tr.K melalui Kanitreskrim Bripka Suryadi menjelaskan, kejadian itu berawal saat tim opsnal Polsek Sabak Auh sedang melakukan operasi Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) selama bulan Ramadhan. Saat melakukan patroli terlihat ada satu unit Mobil merek Mitsubishi Colt Diesel warna Kuning dengan No. Pol BM 9471 EO yang membawa muatan mencurigakan, kemudian Tim melakukan pembuntutan sampai di Jalan Jenderal Sudirman Kel/Desa Bandar Pedada Kecamatan Sabak Auh Kabupaten Siak.

Baca Juga :  Bupati Siak Lantik 37 Penghulu Terpilih

Tim menyuruh sang supir menghentikan mobilnya, setelah berhenti  Kanitreskrim menunjukkan Surat Perintah Tugas kepada supir dan meminta kepada supir untuk melakukan pengecekan terhadap barang bawaan yang ada di dalam bak mobil tersebut. Setelah dibuka, tim beserta supir melihat bahwa barang bawaan mobil tersebut berupa potongan besi pipa yang sudah dipotong dalam kondisi kotor dengan jumlah berat ditaksir oleh supir sekitar 2 ton.
Lalu, Kanitreskrim melakukan interogasi terhadap supir tersebut terkait status kepemilikan terhadap potongan besi pipa yang dibawanya itu.

Kepada Kanitreskrim supir atas nama BS menerangkan, bahwa barang tersebut merupakan milik saudara RN warga Desa Sungai Nibung Kecematan Siak Kecil Kabupaten Bengkalis. Lima belas menit kemudian, satu unit Mobil merek Suzuki Pick Up warna Hitam dengan No. Pol BM 8530 SH melintas dan berhenti di belakang Mobil Colt Diesel tersebut, lalu tim melakukan pengecekan dan menemukan seperangkat alat blander/pemotong besi pipa.

Baca Juga :  MPKS Pertanyakan Anggaran Covid-19 di Siak

“Kejadian saat itu sekitar pukul 03.30 dihari menjelang Sahur, kita sedang melakukan KRYD ada satu unit Colt Diesel yang mencurigakan. Lalu kita buntuti, kemudian kami minta supir inisial BS untuk menghentikan mobilnya. Setelah kita periksa ternyata membawa potongan besi pipa. Menurut pengakuan BS, barang itu milik saudara RN. Berdasarkan keterangan itu, kita langsung menuju ke rumah RN. Saat kita interogasi RN sempat berkelit tentang barang tersebut. Tak lama kemudian, RN mengaku bahwa potongan besi pipa itu dari PT BOB,” kata Suryadi, Senin (23/05/2022) malam di Siak.

Baca Juga :  Pelaku Pesta di Roro Berembang, Dua Positif Narkotika dan Satu Reaktif Covid-19

Suryadi juga menjelaskan, dalam perkara itu pihak BOB mengalami kerugian materi jutaan rupiah. Dan dari ketujuh tersangka memiliki peran masing-masing. Mulai tukang muat, tukang potong dan tukang angkut.

“Kerugian korban dalam hal ini PT BOB sebesar Rp13.750 ribu sesuai penghitungan team operasional. Sementara dari ketujuh tersangka semua miliki peran masing-masing. Dan saat ini semua tersangka sudah kita amankan untuk penyelidikan lebih lanjut,” tambahnya.

Menanggapi masalah barang bukti yang sudah tidak ada di Mapolsek Sabak Auh, Suryadi menjelaskan, barang bukti itu dipinjampakaikan sesuai yang diajukan pemiliknya dan sesuai SOP.



Redaksi Publik News menerima kiriman berita, rilis pers dan opini. Kirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500

Komentar

Berita Terkini