oleh

BATAM Ditetapkan sebagai Wilayah Waspada Virus Corona

-Batam-1.463 views

BATAM, PUBLIKNEWS.COM – Sebanyak 13 negara sudah terpapar virus corona (2019-novel coronavirus / 2019-nCoV) atau flu wuhan yang mewabah sejak 37 hari lalu. Yang mencemaskan bagi Batam dan sejumlah wilayah di Kepri adalah dua negara tetangga terdekat, Singapura dan Malaysia, sudah mengonfirmasi temuan kasus flu yang hingga kini belum ada vaksin pencegahnya itu.

Malaysia dengan temuan tiga kasus, yakni perempuan berusia 65 tahun beserta dua cucunya yang berusia 2 tahun dan 11 tahun.

Channel News Asia, Sabtu (25/1) lalu, melaporkan pasien terdeteksi menderita flu Wuhan di Malaysia berjumlah tiga orang. Mereka yang diamankan dari Johor Bahru tersebut merupakan anggota keluarga dari dua kasus temuan positif virus corona di Singapura. Mereka adalah keluarga asal Wuhan, Tiongkok yang sedang melakukan perjalanan ke Asia Tenggara, termasuk Singapura dan Malaysia.

Baca Juga :  Pasien Positif Covid-19 Tembus 61 Orang di Riau

Sebelumnya, Singapura telah menjadikan kasus virus corona sebagai kasus luar biasa. Apalagi kasus ini merebak bersamaan dengan perayaan Tahun Baru Imlek 2020, dimana jutaan warga dan keturunan Tiongkok melakukan eksodus antarnegara, dan Singapura menjadi salah satu tujuan utama. Baik untuk mudik atau pun liburan.

”Kami sudah mengantisipasi ini. Setiap penerbangan yang datang dari kota-kota di Tiongkok, kami berlakukan proses screening. Setiap orang yang kami curigai terkait virus ini akan dikirim ke ruang isolasi Sengkang General Hospital sebagai rumah sakit rujukan nCoV di Singapura,” ujar Juru Bicara Kementerian Kesehatan Singapura (MoH), kemarin.

Baca Juga :  Belum Dilakukan Swab, Satu Santri Klaster Magetan di Bungaraya ini, Terpantau Ikut Shalat Jum'at di Masjid

Meski telah merebak di Singapura, Kementerian Kesehatan Indonesia memastikan sampai saat ini belum ditemukan pasien terkena virus corona di Indonesia, termasuk Batam. Hal ini juga disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmarjadi.

”Di Batam belum ada dan jangan sampai ada,” ujar Didi.

Namun begitu, tidak menutup kemungkinan virus tersebut masuk ke Batam. Apalagi melihat wilayah Batam berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia.

Di Tiongkok sendiri, lebih dari dua ribu orang terpapar, 56 orang meninggal dan 688 kasus temuan baru.

Baca Juga :  Diduga Kena Virus Corona, Batam Tangani Dua Pasien

”Di Singapura terjadi penambahan, dari tiga kasus menjadi empat kasus positif nCoV. Terbaru, seorang pria berusia 36 tahun, terkonfirmasi Minggu pagi ini (kemarin, red),” jelasnya.


Siapakah Yang Layak Jadi Bupati dan Wakil Bupati Kab. Siak 2020 - 2025?
  • *) Pilih Salah Satu



Redaksi Publik News menerima kiriman opini & jurnalisme warga. Panjang kiriman 500 – 600 kata dan dikirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500


LOWONGAN KERJA WARTAWAN PUBLIKNEWS

Komentar