oleh

3391 Ekor Hewan Qurban di Siak, Pemkab Pastikan Aman dari PMK

SIAK, PUBLIKNEWS.COM – Jumlah keseluruhan hewan Qurban di Kabupaten Siak pada pelaksanaan Idul Adha 1443 Hijriah tahun ini mencapai 3391 Ekor, yang tersebar diseluruh kecamatan yang ada di Negeri Istana. Hewan qurban tersebut sebelumnya telah melalui pemeriksaan oleh Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Siak, untuk memastikan tidak terjangkit wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

Hal tersebut disampaikan Bupati Siak Alfedri saat melaksanakan Sholat Idul Adha di lapangan Siak Bermadah Siak Sri Indrapura, Ahad (10/07/2022) pagi.

Pelaksanaan Sholat Idul Adha tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Siak Husni Merza, mantan Bupati Siak Arwin AS, Rektor UMRI, Ketua MUI Siak, Kemenag Siak, Dandim O322/Siak, serta ribuan masyarakat Siak Sri Indrapura yang ikut melaksanakan sholat Idul Adha.

Baca Juga :  Bupati Meranti Lantik Pejabat Administrator dan Pengawas

“Atas nama Pemkab Siak dan pribadi saya ucapkan Selamat Idul Adha 1443 Hijriah kepada seluruh masyarakat Kabupaten Siak. Alhamdulillah untuk tahun ini jumlah Qurban di Kabupaten Siak mencapai 3391 ekor yang tersebar diseluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Siak. Saya ucapkan terimakasih dan apresiasi kepada jajaran Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Siak yang telah memastikan tahun ini hewan qurban terbebas dari kekhawatiran terjangkit penyakit mulut dan kuku” kata Bupati Siak Alfedri.

Usai pelaksanaan Sholat Idul Adha, Bupati Siak Alfedri bersama rombongan melaksanakan ibadah qurban di Mesjid Al Alim di Kampung Rempak Kecamatan Siak, yang berada dibelakang komplek kediaman Bupati Siak Komplek Abdi Praja Jalan Raja Kecik. Kepada panitia qurban dan pengurus Masjid, Bupati Alfedri dalam kesempatan ini menyerahkan 1 ekor sapi sebagai hewan qurban.

Baca Juga :  Kapolres Siak Resmi Menyandang Gelar Datuk Wira Setia Alam

“Kami sekeluarga mengikuti qurban di Mesjid Al -Alim Kampung Rempak. Di Mesjid ini jumlah kurban di seluruhnya berjumlah 28 ekor, diantaranya 11 ekor sapi dan 17 ekor kambing. Tentunya kita berharap semakin tahun jumlah ini terus meningkat. Mudah-mudahan ibadah kita mendapat ridho Allah SWT” jelasnya.

Bupati Alfedri juga menambahkan, Pemkab Siak menjunjung komitmen mendukung kemajuan pelaksanaan kegiatan keagamaan, karena kemajuan peradaban keagaaman linier dengan kemajuan pembangunan Sumber Daya Manusia di Kabupaten Siak

“Pemkab Siak bekerjasama dengan Kemenag dimasa yang akan datang, untuk memprogramkan MDTA program Hafiz Alquran minimal hafal 1 juz MDTW atau SMP menambah 2 juz. Hal tersebut sudah diujicoba kan di SMP 1 Kandis, kedepan akan kita tingkatkan lagi hingga tingkat SMA. Kita akan bantu guru-guru untuk dapat pelatihan atau diklat terkait hal tersebut, untuk itu kami mohon doa dan dukungan masyarakat agar program ini berjalan lancar,” tutup Bupati.

Komentar