oleh

Rapat Paripurna DPRD Siak, Fraksi Golkar Minta Pemkab Tindak Tegas Truk Odol

SIAK, (Publiknews.com) – Penyebab dominan kerusakan jalan di Kabupaten Siak diduga karena maraknya truk overdimensi dan overload (Odol) yang berseliweran di daerah tersebut.

Pasalnya, kekuatan kelas jalan yang dilewati tidak seimbang dengan beban truk yang melintasinya. Parahnya lagi, truk-truk Odol tersebut ternyata sebagian besar berpelat nomor luar Riau.

Jika Ranperda tentang Pengawasan Kelebihan Muatan Angkutan Barang disahkan menjadi perda, Fraksi Golkar DPRD Siak meminta agar pemerintah daerah menindak tegas truk yang melebihi muatan melintasi jalanan Siak.

”Kita meminta agar pemerintah kabupaten (pemkab) menindak tegas truk yang tidak sesuai dengan peraturan di bidang lalu lintas angkutan jalan (LLAJ),” tandas Juru Bicara Fraksi Golkar Miduk Gurning usai Rapat Paripurna DPRD Siak, Senin (25/11/2019).

Baca Juga :  PWI Siak Gelar Rapat Persiapan Hari Pers Nasional

Dikatakan Gurning, selain penindakan secara hukum, pemkab juga mesti melakukan upaya pencegahan terhadap truk Odol.

”Misalnya dengan membuat rambu-rambu tentang batas tonase di jalanan se-kabupaten. Kalau sudah dibikin tapi masih dilanggar, maka tindaklah dengan tegas. Jangan kasih ampun lagi,” kata ayah tiga anak tersebut.

Mengenai truk Odol ini, dia mengklaim memegang data yang diterima dari Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI. Bahwa, pada tahun 2018 sebanyak 78 persen angkutan truk melebihi kapasitas diizinkan, melintas di jalanan.

”Padahal dampaknya sudah jelas, kerusakan jalan tak terhindar akibat itu. Maka sekali lagi kita tekankan agar pemerintah daerah ambil sikap soal ini,” ujarnya.

Baca Juga :  Mengaku Sebagai Buser di Tualang Siak, 4 Oknum Wartawan Diamankan Polisi

Laporan: Jhon
Editor: Ge. Setiawan




Redaksi Publik News menerima kiriman berita, rilis pers dan opini. Kirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500


LOWONGAN KERJA WARTAWAN PUBLIKNEWS

Komentar