Langgar Ketentuan, Panwascam Tualang Siak Tertibkan 5 APK

Politik2,161 views

SIAK, (Publiknews.com) – Tercatat 5 pelanggaran Alat Peraga Kampanye (APK) terpaksa ditertibkan Panwascam Tualang pada hari Jum’at (11/1/2018). 4 diantaranya terpasang di papan reklame/billboard dan 1 baleho dengan ukuran diluar ketentuan peraturan pemilu.

Penertiban tersebut dipimpin langsung oleh ketua Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Tualang Harlen Menurung ST, yang di mulai sekira pukul 14.00 WIB hingga pukul 16.30 WIB.

Dari pantauan awak media dilapangan, terlihat petugas Panwascam Tualang yang menertibkan Baliho di billboard itu, tidak menggunakan alat pelindung diri (APD), saat memanjat billboard yang miliki ketinggian mencapai 10 meter tersebut.

Kali ini, Ada 5 APK yang akan ditertibkan oleh Panwascam Tualang, dua APK diantaranya di simpang empat lampu merah KPR 1 Kecamatan Tualang. Yakni, baleho 2 calon legislatif dari partai PAN bernama Wan Nadia Ibrahim dan Jon Erizal. Kemudian, Calon legislatif dari Partai PAN bernama Ismail Amir.

Sedangkan baliho yang lainnya terpasang di billbord yang berlokasi di Jalan Raya Kilometer 7 Kecamatan Tualang dan baleho dengan ukuran melebihi ukuran APK yang telah ditetapkan berlokasi di Jalan Raya Minas- Tualang Kilometer 8 Kecamatan Tualang.

Baliho yang terpasang di billboard tersebut milik caleg dari Partai Demokrat yang bernama Musrizal Yatim dan Baleho milik caleg DPD RI bernama Jufrizal S Thi, serta baleho milik Muhammad Rahul caleg dari partai Gerindra.

“Hari ini kita menertibkan 5 APK yang tidak sesuai aturan, 4 diantaranya terpasang di papan reklame, dan satu lagi baliho yang ukurannya tidak sesuai dengan aturan yang telah di tetapkan. Padahal sebelumnya kita sudah surati masing-masing Partai politik untuk menurunkan baliho-baliho ini, namun tidak dihiraukan mereka,” jelas Ketua Panwascam Kecamatan Tualang Harlen Menurung ST, didampingi Komisioner Panwascam Tualang Wan Hadi, kepada awak media di Lokasi penurunan Baliho tersebut.

Terkait tidak memakai APD saat melakukan penertiban baliho yang terpasang di billboard itu,
Harlen mengakui bahwa tidak ada anggaran untuk menyiapkan APD tersebut.

“Kami tidak ada anggaran untuk itu, mudah-mudahan dengan ini, atasan kita bisa melihat hal dan menganggarkannya, agar kedepannya kita disediakan alat pelindung diri dalam melakukan tugas,” pungkasnya.

Laporan : M Rizal Iqbal SH
Editor : Koko

[ays_poll id=1]

Lihat Berita dan Artikel Terbaru Publik News Lainnya di Google News


Redaksi Publik News menerima kiriman berita, rilis pers dan opini. Kirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500

Komentar