KPU Siak Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu Tingkat Kabupaten

Politik, Siak325 views

SIAK, PUBLIKNEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum (pKPU) Kabupaten Siak melaksanakan rapat Pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilu tahun 2024 tingkat Kabupaten Siak di Gedung LAMR Siak, Siak Sri Indrapura, Rabu (28/2/2024) pagi.

Acara itu dihadiri Ketua KPU Siak Ahmad Rizal, Ketua Bawaslu Siak Zulfadli Nugraha, Kepala Kesbangpol Siak Syamsurizal, Perwakilan Dandim Siak, Kapolres Siak yang diwakili Kabag Ops Polres Siak Kompol Didi Anthony, Kasubsi Intelijen Fitrian Welfiandi SH. MH, Komisioner Bawaslu dan KPU Siak, Saksi Partai, PPK Kecamatan dan tamu undangan lainnya.

Ketua KPU Kabupaten Siak Ahmad Rizal mengatakan, pelaksanaan rekapitulasi tingkat Kabupaten Siak berlangsung selama 2 hari.

“Hari ini kami melaksanakan rekapitulasi perhitungan perolehan hasil suara tahun 2024 tingkat Kabupaten Siak, diperkirakan pelaksanaan rekapitulasi ini akan berlangsung selama dua hari,” terangnya.

Ia juga menyampaikan pada pelaksanaan rekapitulasi tingkat Kabupaten juga akan dilakukan perbaikan apabila terdapat kesalahan saat rekap di tingkat kecamatan.

“Pada pelaksanaan rekapitulasi tingkat Kabupaten ini juga dilakukan perbaikan apabila terjadi kesalahan di PPK, mulai dari hasil suara Presiden, DPRD RI, DPD RI, DPRD Provinsi Riau serta DPRD Kabupaten, untuk DPRD Kabupaten kita akan tau hasilnya,” ungkapnya.

Ketua KPU mengatakan saat rekap tingkat Kecamatan juga membutuhkan waktu lama, terakhir dari Kecamatan Tualang yang hampir 10 hari.

“Di tingkat Kecamatan juga melakukan rekapitulasi tingkat Desa atau kelurahan kemudian hasil salinan di kirimkan ke Kabupaten, terkahir kemarin Kecamatan Tualang karena sangat banyak mereka menyelesaikan hampir 10 hari,” kata Ketua KPU.

Rapat Pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara pemilu tahun 2024 itu dapat disaksikan secara langsung melalui youtube live KPU Siak.

Mengenai pengamanan pelaksanaan rekapitulasi tersebut, Kabag Ops Polres Siak Kompol Didi Anthony menyampaikan seluruhnya berjalan lancar tanpa kendala.

“Untuk pengamanan hingga pelaksanaan rekapitulasi tingkat Kabupaten ini semuanya lancar, namun kita tetap meningkatkan pengamanan untuk mengantisipasi gangguan,” ungkapnya.

Pembukaan hingga pelaksanaan rekapitulasi suara tingkat Kabupaten Siak berjalan lancar.

 

Laporan: Sary

Editor: Koko Haryadi

[ays_poll id=1]

Lihat Berita dan Artikel Terbaru Publik News Lainnya di Google News


Redaksi Publik News menerima kiriman berita, rilis pers dan opini. Kirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500

Komentar