Ada PSDKU Politeknik Negeri Sriwijaya di Siak, Mau Tau Lebih Jauh.? Simak Yuk.!

Pendidikan, Siak1,550 views

SIAK, PUBLIKNEWS.COM – Pernahkah mendengar PSDKU? Sebagian pelajar, Mahasiswa dan masyarakat masih asing dengan istilah PSDKU. Ini loh maksudnya, PSDKU adalah singkatan dari Program Studi Di luar Kampus Utama.

Program ini memungkinkan untuk belajar di Program Studi yang kamu minati dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang memiliki PSDKU yang letaknya berbeda dengan kampus utamanya. PSDKU adalah program dimana sebuah universitas atau perguruan tinggi menyediakan beberapa program studi yang lokasi belajarnya berada jauh dari kampus utama.

Berdasarkan Permenristekdikti No 1 Tahun 2017 pasal 1 ayat 3 Program Studi di Luar Kampus Utama adalah perguruan tinggi yang selanjutnya disingkat PSDKU adalah program studi yang diselenggarakan di kabupaten/kota/kota administratif yang tidak berbatasan langsung dengan Kampus Utama, dengan kata lain PSDKU ini adalah Program Studi yang diselenggarakan diluar kampus utama atau didaerah lain. Misalnya, Politeknik Negeri Sriwijaya memiliki prodi Akuntansi Sektor Publik di kampus utama dan kemudian juga membuka prodi yang sama di PSDKU OKU dan PSDKU Siak. Tidak disebut PSDKU jika wilayahnya terletak berbatasan langsung dengan lokasi kampus utamanya.

Penyelenggara PSDKU terbagi menjadi 2 yaitu PSDKU Akademik dan PSDKU Vokasi. Universitas, institut dan sekolah tinggi sebagai perguruan tinggi penyelenggara pendidikan akademik selain dapat membuka PSDKU Akademik juga dapat membuka PSDKU Vokasi. Sedangkan politeknik dan akademi sebagai perguruan tinggi penyelenggara pendidikan vokasi hanya dapat membuka PSDKU Vokasi. PSDKU bisa dibuka untuk jenis pendidikan diploma, sarjana, dan magister.

Menurut Permenristekdikti No 1 Tahun 2017 pasal 6 ayat 2b disebutkan syarat untuk membuka PSDKU adalah telah memiliki jurusan yang sama dengan kampus utama dengan akreditasi A atau unggul. Membuka PSDKU berarti membuka program studi (prodi) yang sebetulnya sudah ada di kampus utama. Artinya tidak ada perbedaan antara prodi di kampus utama dan kampus PSDKU, baik secara kurikulum, metode pengajaran, fasilitas dan kwalitas setara dengan kampus utama, yang menjadi pembeda hanya letak lokasinya.

Tujuan dari dibuat PSDKU dikutip dari Permenristekdikti No 1 Tahun 2017 pasal 2 ayat 1a dan 1b, Pembukaan PSDKU bertujuan:
a. Meningkatkan relevansi akses, pendidikan pemerataan, tinggi di mutu, seluruh dan wilayah Indonesia; dan
b. Meningkatkan mutu, dan relevansi penelitian ilmiah serta pengabdian kepada masyarakat untuk mendukung Pembangunan Nasional.
Tujuan dari dibukanya PSDKU khususnya dikabupaten siak adalah sebagai pemenuhan tenaga kerja yang disesuaikan dengan kebutuhan daerah semisal untuk mengisi di sektor pemerintah maupun dunia usaha dan dunia industri (Dudi) dan pengembangan potensi sumberdaya daerah dalam pendidikan tinggi vokasi.

Politeknik Negeri Sriwijaya sebagai kampus utama adalah perguruan tinggi negeri yang terdapat di Kota Palembang, Sumatra Selatan dibawah kepemimpinan Direktur Politeknik Negeri Sriwijaya Bapak Dr. Ing. Ahmad Taqwa, M.T. Koordinator PSDKU Siak Bapak Hadi Jauhari, SE., M.Si. dan untuk Psdku Siak dibentuk pula tim kepengelolaan dari Pemkab Siak.

Staf PSDKU Siak terdiri dari delapan orang PNS Polsri yang ditempatkan di kampus Siak, satu dosen PPPK, tiga dosen eksternal, tiga teknisi, dua laboran, sepuluh petugas administrasi, enam tenaga keamanan dan kebersihan dan ditambah dengan dosen praktisi dari unsur pemerintahan dan dunia usaha serta dunia industry (Dudi).

Izin PSDKU Siak terbit tanggal 1 Oktober 2021. Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nomor 174/B/OT/2021 tentang izin pembukaan Program Studi Di luar Kampus Utama pada Politeknik Negeri Sriwijaya di kota Palembang, maka PSDKU Politeknik Negeri Sriwijaya di Kabupaten Siak dibuka dengan 3 Program Studi, yakni:

-Program Studi Diploma III Teknik Kimia bernaung dibawah Jurusan Teknik Kimia
-Program Studi Sarjana Terapan DIV Teknik Mesin Produksi dan Perawatan yang bernaung dibawah Jurusan Teknik Mesin
-Program Studi Sarjana Terapan DIV Akuntansi Sektor Publik yang bernaung dibawah Jurusan Akuntansi.

Beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan di kampus PSDKU Siak ditahun pertama seperti Kegiatan Penandatangan MoU, Kuliah umum oleh Bupati Siak, Kuliah umum oleh Wakil Bupati Siak, kuliah umum oleh Manager Business Unit Customer PT. Indah Kiat Pulp and Paper, kuliah umum bersama Regional Kemenkeu RI, seminar edukasi perpajakan oleh Kepala KP2KP Siak, seminar edukasi oleh kepala bidang PAPK Kanwil DJPD Provinsi Riau, Praktikum bersama damkar, kegiatan KPU Siak Goes to Kampus PSDKU Siak, kegiatan BKPMRI goes to Kampus PSDKU Siak dan lain-lain.

Beberapa kegiatan mahasiswa antara lain mengikuti kegiatan diksarlin dan sisdikti di kampus utama, menjadi relawan pajak di DJP Siak, kegiatan sosial di bulan Ramadhan berbagi takjil.

Beberapa keuntungan memilih berkuliah di Perguruan Tinggi yang memiliki progam PSDKU:

a. Dapat berkuliah di Prodi/Jurusan dan kampus yang diminati tanpa harus keluar dari  Kabupaten Siak.

b. Peluang karir yang cukup luas di pemerintahan dan dunia usaha dan dunia industri.

c. Peluang mendapatkan beasiswa yang disediakan oleh daerah lebih besar.

d. Kurikulum, metode pengajaran, fasilitas dan juga kwalitas yang setara dengan kampus utama.

e. Persaingan masuk yang relative lebih mudah

f. Wilayah PSDKU biasanya belum terlalu ramai, sehingga masih sangat nyaman untuk melanjutkan studi.

Dalam proses penerimaan Mahasiswa di PSDKU sama dengan penerimaan Mahasiswa di kampus PTN seluruh Indonesia, sistem seleksi bersifat nasional, dimana untuk PTN di tahun 2023 melalui 4 jalur seleksi masuk kuliah, yakni Jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), Jalur Nasional Berbasis Tes (SNBT), Jalur Seleksi Masuk Mandiri Bersama (SMMB) dan Jalur Seleksi Masuk Mandiri (SMM). Sehingga Mahasiswa yang mendaftar tidak dikhususkan untuk daerah setempat atau pendaftar bisa dari daerah lain.

Untuk penerimaan tahun pertama (2022) dibuka satu kelas perprodi dengan total Mahasiswa sebanyak 67 Mahasiswa, dengan rincian untuk prodi Teknik Kimia sebanyak 22 Mahasiswa, untuk prodi Teknik Mesin Produksi dan Perawatan sebanyak 23 Mahasiswa dan untuk prodi Akuntansi Sektor Publik sebanyak 22 Mahasiswa. Untuk tahun ke 2 (2023) proses penerimaan Mahasiswa tercukupi dengan kelas penuh perprodi. Diranah MoU, Polsri Kampus Siak sudah melaksanakan MoU dengan Pemerintah Kabupaten Siak, Industri, Baznas Siak serta SMA dan SMK di Kabupaten Siak.

Penyelenggaraan PSDKU membutuhkan dukungan dari berbagai pihak yakni kampus utama, Pemerintah Daerah setempat, Dunia Usaha dan Dunia Industri (Dudi) maupun Masyarakat Kabupaten Siak itu sendiri. Sarana dan prasarana seperti tersedianya gedung kuliah yang representative untuk melaksanakan pendidikan baik teori maupun praktik (laboratorium, bengkel, miniplan dan tax center).

Selain itu dibutuhkan pula sarana umum seperti perpustakaan, aula, tempat ibadah dan rumah susun (rusun) Mahasiswa. Dukungan dalam bentuk pemberian beasiswa kepada Mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam pembiayaan dan Mahasiswa berprestasi juga merupakan aspek yang sangat dibutuhkan untuk berkembangnya kampus PSDKU.

Penulis: Sri Murda Niati, M.T.
(Dosen Politeknik Negeri Sriwijaya)

Editor: Koko Haryadi

[ays_poll id=1]

Lihat Berita dan Artikel Terbaru Publik News Lainnya di Google News


Redaksi Publik News menerima kiriman berita, rilis pers dan opini. Kirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500

Komentar