Puncak Perayaan Tahun Baru Imlek, Festival Cap Go Meh di Siak Meriah

Infotorial, Siak164 views

SIAK, PUBLIKNEWS.COM – Puncak perayaan tahun baru Imlek 2575 digelar Festival Cap Go Meh 2024 yang berlangsung selama tiga hari. Pada puncak acara itu dihadiri Bupati Siak Alfedri. Sebagai pembuka, acara diawali tari persembahan khas melayu di Kelenteng Hock Siu Kiong, Siak Sri Indrapura, Sabtu (24/2/2024) malam.

Selain Bupati Siak, turut hadir dalam festival tersebut Dandim 0322 Siak diwakilkan oleh Danramil 01/Siak Lettu Inf Ayub Edi Harahap, Kapolres Siak diwakilkan oleh Kabak Ops Polres Siak Kompol Didi Antoni Sh. Mh., Kapolsek Siak Ali Azar, Kejari Siak diwakilkan Kasi intel Rawatan Manik S.H, Ketua Paguyuban Masyarakat Tionghoa Kabupaten Siak Acun, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.

Cap Go Meh merupakan perayaan warga Tionghoa yang dirayakan pada hari ke-15 dari Tahun Baru Imlek yang sekaligus merupakan hari terakhir dari perayaan tahun baru.

Tujuan dilakukan festival Cap Go Meh itu diharapkan pada malam perayaan seluruh anggota keluarga dapat berkumpul baik yang jauh atau dekat untuk merayakan tahun baru.

Bupati Siak Alfedri dalam acara tersebut mengucapkan selamat atas berlangsungnya Festival dan mengapresiasi pelaksanaannya.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Siak, saya mengucapkan selamat tahun baru imlek untuk yang merayakan, semoga dengan berlangsungnya Festival ini seluruh anggota keluarga dapat berkumpul,” kata Alfedri.

Alfedri juga menyampaikan kepada seluruh masayarakat untuk terus menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi yang telah diterapkan di Kabupaten Siak sejak dahulu.

“Dengan berlangsungnya acara ini kita berharap untuk selalu meningkatkan nilai-nilai toleransi di masyarakat dan saling mendukung serta menanamkan persaudaraan yang telah terjalin sejak zaman kerajaan Siak,” ujarnya.

Alfedri juga berharap pada perayaan tahun baru imlek ini dapat dirayakan dengan penuh sukacita dan kebahagiaan serta seluruh cita-cita dapat tercapai.

“Kami merasa senang sekali dapat hadir pada malam hari ini, kita berharap bapak/ibu dapat merayakan tahun baru ini dengan penuh sukacita dan dapat berkumpul bersama keluarga besar, serta tercapai apa yang telah dicita-citakan,” harapnya.

Festival Cap Go Meh yang digelar di Kelenteng Hock Siu Kiong itu berlangsung meriah dan ramai, banyak masyarakat tionghoa dan masyarakat sekitar yang ikut meramaikan festival tersebut.

Perayaan tersebut kian meriah dengan dinyalakannya kembang api di halaman Kelenteng dengan disaksikan seluruh masyarakat yang ada di sekitar.

 

Laporan: Sary
Editor: Koko Haryadi

[ays_poll id=1]

Lihat Berita dan Artikel Terbaru Publik News Lainnya di Google News


Redaksi Publik News menerima kiriman berita, rilis pers dan opini. Kirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500

Komentar