oleh

Normalisasi Irigasi, Pemkab Siak Kucurkan Rp3,5 Miliar dari APBD 2020

-Siak-1.472 views

SIAK, PUBLIKNEWS.COM – Pemerintah Kabupaten Siak, Riau mengucurkan anggaran untuk kegiatan normalisasi irigasi sebesar Rp3,5 miliar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun ini.

Hal itu dijelaskan oleh Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Iswanto, kepada Publiknews.com di Siak. Dikatakannya, kegiatan itu merupakan kegiatan rutin pertahun yang dikelola dinas Pekerjaan Umum (PU) secara swakelola.

“Itu kegiatan swakelola, target tahun ini 300 km. Dari 14 kecamatan tahun ini anggarannya Rp3,5 miliar,” kata Iswanto, Kamis (05/11/2020) petang.

Iswanto juga menjelaskan, kegiatan tersebut saat ini sudah terealisasi hampir di setiap kecamatan. Ia juga menjelaskan, paling banyak kegiatan itu di Kecamatan Mempura.

Baca Juga :  Meski Perda Kampung Adat Belum Disahkan, Tapi Anggaran Tetap Sama dengan Kampung Lain

“Saat ini sudah terealisasi hampir di semua kecamatan. Seperti di Bungaraya, Sabak Auh dan Mempura. Rata-rata setiap kecamatan 20 km. Yang paling banyak di Kecamatan Mempura yaitu 35 km,” terangnya.

Lebih jauh Iswanto juga menegaskan, besaran kegiatan perkecamatan itu sesuai proposal yang diajukan oleh pihak kecamatan.

“Masalah besarannya disesuaikan berdasarkan proposal yang diajukan masing-masing kecamatan. Seperti akhir tahun lalu, Kecamatan Bungaraya ada mengajukan untuk di setiap Kampung yang ada,” kata dia.

Selanjutnya Iswanto mengatakan, untuk melaksanakan kegiatan itu selesai tepat waktu, pihak PU sudah menyiapkan sebanyak enam buah excavator.

Baca Juga :  Nama Sutarno Masuk Bursa Calon di Pilkada Siak 2020

“Sebanyak enam excavator yang kita turunkan, empat jenis standard dan dua yang panjang,” tukasnya.

Dilain pihak, Penghulu Kampung Jatibaru Ahmad Jainuri mengatakan, semasa Pj Wasito memang mengajukan proposal untuk kegiatan normalisasi irigasi di Jatibaru. Setelah ia menjabat Penghulu definitif, ia mengajukan proposal kembali.

“Ini pengajuan pak Pj Wasito, setelah itu saya juga mengajukan lagi. Dan Alhamdulillah, dari 8 km yang diajukan, yang disetujui sepanjang 4,5 km,” kata Ahmad.

Ahmad juga berharap, dengan adanya normalisasi irigasi itu, daerah pemukiman yang biasanya terendam banjir sewaktu musim hujan tidak banjir lagi. Dan sebaliknya, jika musim kemarau kekeringan.

Baca Juga :  Hanya Diikuti 16 Peserta Rakernas JKPI VIII di Siak, Berikut ini Nama Daerah yang Hadir

“Harapan saya, dengan adanya normalisasi irigasi ini, daerah yang selalu terendam banjir ketika musim hujan kini tidak kebanjiran lagi. Dan ketika musim kemarau, biasanya parit tidak bisa menyimpan air untuk kebutuhan petani, saat ini bisa menyimpan air,” tutupnya.




Redaksi Publik News menerima kiriman berita, rilis pers dan opini. Kirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500


LOWONGAN KERJA WARTAWAN PUBLIKNEWS

Komentar