oleh

Serius Dengan Temuan Makam Kuno di Siak, BPCB Sumbar Tinjau Langsung ke Koto Ringin

-Siak-1.356 views

SIAK, PUBLIKNEWS.COM – Serius menanggapi temuan dua makam kuno di Kampung Koto Ringin, Kecamatan Mempura, Kabupaten Siak, tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumatera Barat turun langsung ke tempat batu nisan makam kuno itu ditemukan.

Didampingi oleh youtuber Siak tim @Kelana Chanel dan Kasi Kebudayaan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Siak, bersama-sama mengecek bentuk nisan peninggalan sejarah itu.

“Dilihat dari bentuknya, nisan ini modelnya ‘Gada’ bergaya nisan Aceh, tipe K. Kita cocokkan dengan data yang ada di BPCB kami,” Kata Emi Rosman bagian Pengamanan, Penyelamatan dan Zonasi (P2Z), Kamis (6/2/2020).

Baca Juga :  Pesantren Darul Huffaz Sungai Limau Siak Resmi Dibuka, 12 Santri Tak Mampu Digratiskan

Dijelaskannya, pihak BPCB hanya memastikan keberadaan dari dua makam kuno tersebut, dan peninjauan baru tahap awal.

“Kita kumpulkan data-data, informasi untuk kemudian kita laporkan ke kantor. Kemudian nanti kita surati pak Bupati Siak untuk pengamanan lokasi temuan,” Cakapnya.

BPCB belum mengetahui pasti apakah makam tersebut milik seorang bagsawan, laki-laki atau perempuan. Namun berdasarkan informasi, nisan tersebut diperkirakan sekitar abad ke 17.

“Yang kita lihat ini makam seorang yang sudah islam, dari nisannya bergaya Aceh, Aceh kan dulu kerajaan islam,” Tutupnya.

Baca Juga :  Ratusan Umat Muslim di Riau Turun ke Jalan Aksi Bela UAS

Laporan : Wahyu


Siapakah Yang Layak Jadi Bupati dan Wakil Bupati Kab. Siak 2020 - 2025?
  • *) Pilih Salah Satu



Redaksi Publik News menerima kiriman opini & jurnalisme warga. Panjang kiriman 500 – 600 kata dan dikirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500


LOWONGAN KERJA WARTAWAN PUBLIKNEWS

Komentar