oleh

Wow, Dua Makam Kuno Diperkirakan dari Abad ke 17 Ditemukan Oleh Youtuber Siak

-Siak-2.077 views

SIAK, PUBLIKNEWS.COM – Pemilik Akun Youtube @Kelana Chanel bersama timnya berhasil menemukan makam kuno bersejarah yang disinyalir berusia 300 tahun silam. Penemuan di posting ke Youtube ditonton hingga 1.266 kali.

Youtuber asal Siak yang disapa Raden Kelana itu mengaku menemukan makam bersama salah seorang warga Kampung Buantan Besar, Kecamatan Siak, Tri Riki Setiawan yang bekerja sebagai Juru Kunci Makam Raja Kecik.

“Lokasi makam kuno itu tepat di seberang sungai berhadapan dengan makam Raja Kecik. Masuk wilayah Kampung Koto Ringin Kecamatan Mempura itu,” Kata Raden Kelana, Sabtu (1/2/2020).

Sebelumnya, Raden Kelana bersama timnya sudah pernah mencoba menelusuri keberadaan peninggalan sejarah di sekitaran makam Raja Kecik itu. Penelusuran sampai ke Kampung Koto Ringin dengan menyeberangi Sungai Jantan menggunakan Pompong, namun tidak membuahkan hasil. Pada Senin (27/1) minggu lalu, ia bersama timnya kembali menyeberangi sungai untuk melakukan penelusuran hingga menemukan makam kuno tersebut.

Baca Juga :  Persiapkan! Ini Beberapa Ketentuan untuk Tes CPNS di Siak

“Penelusuran sebelumnya lokasi sekitar makam masih hutan dan semak. Kami kaget ketika ke sana lagi lokasi sudah bersih digarap. Informasinya lahan itu mau dijadikan kebun sawit oleh pemiliknya. Kami tidak tahu apa pemilik lahan menyadari keberadaan makam atau tidak,” Ujarnya.

Makam kuno itu ditemukan berjarak 50 meter dari tepian sungai. Kondisi makam saat ditemukan rata dengan tanah, hanya menampakkan batu nisan yang dibalut tanah kering.

Tri mengatakan, menurut Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumbar, makam tersebut diperkirakan sudah ada sejak zaman sebelum Kesultanan Siak berdiri.

Baca Juga :  Satpol PP Siak Masih Temukan Bangunan Tak Berizin

“Kebetulan saya tergabung dalam Grup WA BPCB Sumbar, kemudian saya tanya ke mereka tentang penemuan nisan makam kuno itu. Mereka bilang dari bentuk nisan yang ditemukan disinyalir adalah makam seorang Bangsawan atau Raja, perkiraan sudah ada di abad 17an. Dari Coraknya, satu makam Bangsawan satunya lagi makam Panglima, karena bentuk bunga Padma di pucuk nisannya berbeda jumlah daunnya,” Terang Tri.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Siak, Lukman melalui Kepala Bidang Kebudayaan, Endi Mirzal membenarkan adanya penemuan makam kuno tersebut. Pihaknya juga sudah meninjau lokasi makam bersama tim youtuber Raden Kelana dan Tri Juru Kunci makam Raja Kecik.


Siapakah Yang Layak Jadi Bupati dan Wakil Bupati Kab. Siak 2020 - 2025?
  • *) Pilih Salah Satu
Baca Juga :  PWI Siak Gelar Rapat Persiapan Hari Pers Nasional



Redaksi Publik News menerima kiriman opini & jurnalisme warga. Panjang kiriman 500 – 600 kata dan dikirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500


LOWONGAN KERJA WARTAWAN PUBLIKNEWS

Komentar