oleh

Dari Penjual Kue Cemilan Di Kampung, Kini Lasmi Jadi Penghulu Di Siak

SIAK,(publiknews.com) – Kaum Wanita zaman sekarang tidak harus menjadi ibu rumah tangga yang hari-hari mengurus rumah, menjaga anak, mengurus suami dan membereskan dapur saja. Dizaman sekarang sudah banyak kaum Hawa yang bisa menjadi pemimpin untuk sebuah jabatan yang biasanya diemban oleh kaum Adam.

Seperti Lasmi, yang kini menjadi penghulu (Kepala Desa) di Kampung Bukit Harapan Kecamatan Kerinci Kanan Kabupaten Siak, Riau. Sebelum ia menjabat penghulu, Lasmi sehari-hari hanya menjadi ibu rumah tangga, dan waktu kosongnya ia manfaatkan untuk berbisnis kue cemilan seperti Donat, Risoles, Roti Goreng dan lainnya secara online melalui media sosial Facebook miliknya.

Ia menjajakan produknya disekitar rumah, kantin-kantin sekolah hingga ke kampung sebelah di sekitar kampungnya. Dari bisnisnya itu, dalam satu bulan ia dapat meraup untung Rp. 500 ribu hingga Rp. 650 ribu. Bisnis rumahannya itu ia kerjakan hanya dihari Sabtu dan Minggu (Weekend), karena selain ia mengurus rumah tangga ia juga bekerja sebagai Kerani kampung Bukit Harapan.

Baca Juga :  Kasat Polair Siak Sebut Kapal Tersenggol dan Tak Sampai Alami Kebocoran Minyak

Lasmi lahir di Kudus pada tanggal 26 Desember 1982 dari pasangan Ngariban dan Rubinah, Sejak umur delapan tahun ia sudah dibawa orang tuanya tinggal di daerah trans Kampung Bukit Harapan, Siak. Lasmi bersekolah dasar di SDN 059 Bukit Harapan tahun 1989 – 1995, kemudian lanjut ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) Bhakti Taruna tahun 1995 – 1998, lalu ia melanjutkan Sekolah Menengah Umum (SMU) Handayani Pekanbaru tahun 1998 – 2001, pendidikan terakhirnya ia lulus dari Akademi Keperawatan Abdurrab Pekanbaru tahun 2001 – 2004 dan mendapat gelar Angkatan Muda Keperawatan atau Amd. Kep.

Baca Juga :  Bertambah 9 Positif, 245 Menunggu Hasil Swab, Ada Apa dengan Kabupaten Siak?

Lasmi menikah tahun 2008 dengan seorang pria bernama Subakir, kini mereka dikarunia sepasang anak yaitu Fadli Kiram Al Baqir (10) dan Gendhis Shakila Almahyra (3). Subakir sehari-hari bekerja mengurus kebun sawit milik keluarga di kampungnya itu.

Maju Menjadi Penghulu

Berangkat dari keinginannya membenahi kampung yang ia tempati sejak masih kecil, ia memberanikan diri untuk mencalonkan diri sebagai penghulu Kampung Bukit Harapan itu, ia mengaku mendapat support atau dukungan dari dalam diri sendiri, suami, anak-anak serta keluarganya.


Siapakah Yang Layak Jadi Bupati dan Wakil Bupati Kab. Siak 2020 - 2025?
  • *) Pilih Salah Satu
Baca Juga :  Semangat Pantang Menyerah Relawan, cari Sumber Air Padamkan Karhutla di Pelalawan



Redaksi Publik News menerima kiriman opini & jurnalisme warga. Panjang kiriman 500 – 600 kata dan dikirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500


LOWONGAN KERJA WARTAWAN PUBLIKNEWS

Komentar