oleh

Polemik Pemilihan Anggota Hingga Ketua Bapekam Kampung Jatibaru Siak

SIAK, (Publiknews.com) – Proses tahapan pemilihan anggota hingga ketua Badan Permusyawaratan Kampung (BAPEKam) Jatibaru, Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak, Riau menuai polemik di kalangan masyarakat. Pasalnya, dalam perjalanan proses itu, banyak yang dinilai janggal oleh masyarakat. Seperti yang terjadi di dusun Jatimulya, pemilihan calon sebagai pemilik hak suara, tidak disebarluaskan kepada setiap calon yang sudah mendaftarkan diri sebagai peserta. Sehingga, proses tersebut diduga ada upaya menutupi dari seluruh calon terkait hasil rapat yang dilakukan oleh panitia di dusun itu.

Baca Juga :  Panwascam Bungaraya Lantik 58 Anggota PTPS

“Selesai rapat panitia di rumah pak kadus, saya tanya sama panitia dusun Suprapto terkait siapa yang akan memilih dia tidak dijawab,” kata Waryo anggota BAPEKam terpilih di dusun Jatimulya kepada Publiknews.com Selasa, (06/8/2019) siang.

Waryo juga menceritakan, perjalanan dirinya untuk mendapatkan informasi siapa yang memiliki hak sebagi pemilih. Ia mengaku, informasi hak pemilih itu ia dapatkan langsung di Kantor penghulu.

“Keesokan harinya saya langsung ke kantor penghulu untuk mencari tau siapa yang punya hak pilih di dusun Jatimulya sesuai hasil rapat tersebut. Sebab, hasil rapat per dusun ada ditempel di sana,” urainya.

Sementara itu ketua Rukun Tetangga (RT) 01 yang juga sebagai Panitia dusun mengatakan, apa yang dikatakan sauadara Waryo benar adanya. Namun, ia tidak menjelaskan secara pasti hasil keputusan rapat tersebut, hanya saja ia sekedar memberikan gambaran kepada Waryo.

“Memang, dari hasil rapat di rumah pak Kadus itu sengaja tidak disebarluaskan dahulu. Dan memang betul saudara Waryo pernah tanya ke saya masalah hasil rapat malam itu. Saya tidak menjawab secara rinci siapa orangnya, tapi dia saya kasih gambaran bahwa yang punya hak pilih Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, RK dan RT,” terang Suprapto.

Suprapto juga menjelaskan alasan kenapa hasil keputusan rapat tidak disebarluaskan waktu itu. Menurutnya, itu nanti ada waktunya sendiri.

“Sengaja kita tahan dulu informasi hasil rapat tersebut. Karena, nanti waktu di panitia Kampung atau Desa yang akan mengumumkan,” tambahnya.


Siapakah Yang Layak Jadi Bupati dan Wakil Bupati Kab. Siak 2020 - 2025?
  • *) Pilih Salah Satu



Redaksi Publik News menerima kiriman opini & jurnalisme warga. Panjang kiriman 500 – 600 kata dan dikirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500


LOWONGAN KERJA WARTAWAN PUBLIKNEWS

Komentar