oleh

Pastikan Kesiapan Anggaran Pilkada 2020, Bawaslu Riau Lakukan Audiensi ke Bupati Rohul

ROKAN HULU, (Publiknews.com) – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Provinsi Riau melakukan audiensi ke kantor Bupati Rokan Hulu (Rohul) untuk memastikan kesiapan kesiapan anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020 pada Jum’at, (02/8/2019) di Ruang Bupati Rohul Komplek Bina Praja KM4 Pasir Pangaraian. Kedatangan Ketua Bawaslu Rusidi Rusdan beserta rombongan disambut baik Bupati Rohul Sukiman.

Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 51 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 44 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Dana Kegiatan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota, Bawaslu Provinsi Riau melakukan Audiensi ini.

Pertemuan dimulai pukul 11.00 wib, H.Sukiman Bupati Rohul didampingi sekretaris daerah (Sekda) Abdul Haris menerima rombongan Bawaslu Riau tersebut.

Baca Juga :  Ternyata, Kapal Tenggelam di Perairan Teluk Mesjid Siak Bukan Bawa Sembako, Melainkan Pakaian Bekas

Pada pertemuan kali ini Rusidi menjelaskan, bahwa anggaran yang diajukan Bawaslu Kabupaten Rohul, biaya-biaya tersebut diperuntukkan seluruh tahapan Pilkada 2020 yang rencananya akan di mulai di akhir tahun ini.

Bawaslu Riau mengusulkan anggaran sebesar 18 Milyar rupiah. Pada anggaran ini, sudah dimasukkan anggaran untuk honor Panwaslu Ad-hoc mulai dari tingkat kecamatan hingga tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS), biaya itu juga sudah termasuk penyelenggaraan pelatihan, Rapat Kerja dan Sosialisasi Pengawasan pemilu bagi pemilih dan Stakeholder pilkada.

Rusidi menambahkan bahwa selain itu, biaya tersebut juga termasuk dalam biaya yang diperuntukkan dalam penanganan pelanggaran, dimana dalam penanganannya Bawaslu melibatkan pihak kepolisian dan kejaksaan yang tergabung dalam Sentra Penegakka Hukum Terpadu (Gakkumdu).

Baca Juga :  Resmi Kantongi SK DPP Golkar, Arif-Sujarwo Siap Berlayar di Pilkada Siak 2020

“Menindaklanjuti usulan rekan rekan kami Bawaslu Kabuapten Rohul, saya menjelaskan bahwa biaya-biaya tersebut diperuntukkan honor bagi Panitia ad- hoc, selain itu anggaran tersebut sudah kami sertakan biaya-biaya untuk penanganan pelanggaran pemilihan kepala daerah.” terang Rusidi ke Bupati dan Sekda Rohul.

H.Sukiman Bupati Rohul melalui Sekda Abdul Haris secara garis besar siap membantu mensukseskan Pilkada 2020. Namun pihaknya belum bisa menyetujui ataupun meminta perampingan dana karena hal tersebut akan diajukan ke DPRD kabupaten terlebih dahulu, ditambah keadaan keuangan daerah yang defisit.


Siapakah Yang Layak Jadi Bupati dan Wakil Bupati Kab. Siak 2020 - 2025?
  • *) Pilih Salah Satu
Baca Juga :  Terkait Penertiban APK Oleh Warga di Bungaraya Siak, Bawaslu Riau: Kalau Panwascam Lamban Lapor Saja ke Bawaslu Kabupaten



Redaksi Publik News menerima kiriman opini & jurnalisme warga. Panjang kiriman 500 – 600 kata dan dikirim ke: mediapubliknewscom@gmail.com atau WhatsApp: 0852 7213 4500


LOWONGAN KERJA WARTAWAN PUBLIKNEWS

Komentar